Jumat, 03 Apr 2015 14:07 WIB

Laporan dari Korea Selatan

Mobil-mobil Ramah Lingkungan 'Hijaukan' Seoul Motor Show

- detikOto
Seoul - Sebanyak 15 merek mobil ramah lingkungan dari 7 pabrikan turut menyemarakkan Seoul Motor Show 2015. Di antaranya adalah mobil konsep Renault-Samsung EOLAB yang sudah lebih dulu tampil di Paris Motor Show, pada September 2014.

EOLAB mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHVE), yang menggabungkan mesin listrik dengan mesin bensin. Saat harus mengaktifkan mesin bensin, konsumsi bahan bakarnya pun diklaim sangat irit yakni 1 liter untuk setiap 100 km.

Teknologi serupa juga dihadirkan oleh Hyundai melalui LF Sonata PHEV, yang dalam pameran ini menempati daftar Korea Premiere alias baru pertama kali diperkenalkan di Korea. Saudara tuanya, LF Sonata HEV yang mengusung mesin hybrid juga turut dipamerkan.

Sementara itu, perusahaan penyuplai baterai Powerplaza menghadirkan mobil elektrik Yebbujana R. Mobil konsep berbentuk mungil dengan kapasitas 2 penumpang ini baru diperkenalkan pada sesi Press Day, sehari sebelum pembukaan resmi Seoul Motor Show.

Mobil elektrik juga diusung oleh Cony, salah satu pendatang baru dalam gelaran Seoul Motor Show. Produk yang diusung pabrikan asal Jepang ini adalah TX-500 yang menerapkan teknologi Elektric Vehicle (EV). Sama seperti Tebbujana R, TX-500 juga tergolong mobil mungil.

Dalam pameran yang digelar 3-12 April 2015 ini, ada 7 pabrikan yang menghadirkan toal 15 merek mobil ramah lingkungan. Selain yang sudah disebut di atas, tercatat ada Ssangyong dengan Tivoli EVR, Chevrolet dengan Alpheon HEV dan Spark EV, dan KIA dengan Soul EV, Ray EV dan K7 700h.

(up/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com