Senin, 22 Sep 2014 08:38 WIB

Laporan dari IIMS 2014

Daihatsu Gran Max Pikap Disulap Jadi 'Hotel Mewah' Seharga Rp 350 Juta

- detikOto
Jakarta - Ada yang menarik perhatian pengunjung di booth Daihatsu, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Di pojokan ada 1 unit mobil besar yang menjadi magnet.

Bagaimana tidak, jika dilihat dari belakang mobil ini seperti 'hotel mewah' karena terdapat tempat tidur yang dilengkapi dengan AC, tempat memasak, TV dan lain sebagainya. Semuanya dibuat seperti hotel mewah.

Yup, ternyata mobil itu adalah Daihatsu Gran Max pikap yang dimodifikasi menjadi mobil Caravan.

Hal ini rupanya berdasarkan permintaan pihak principal Daihatsu di Jepang yang menantang PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk memberikan tampilan berbeda dan memiliki fungsi maksimal.

Head Development Project Team 3 R&D PT ADM Satryo Budiutomo menerangkan untuk memodifikasi Gran Max Pikap menjadi mobil Caravan ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan.

"Gran Max pikap ini kita modifikasi seperti mobil Karavan. Kepala dan box-nya terpisah, sehingga bisa dicopot dan pasang dari satu tempat ke tempat lain," ujar Satryo saat ditemui di booth Daihatsu hall D di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Menurut Satriyo, mobil Gran Max Caravan ini dibuat berdasarkan fungsinya yang ditujukan sebagai mobil rekreasi, namun dapat digunakan sebagai kendaraan yang dibutuhkan termasuk disematkan perangkat hiburan di dalamnya.

"Konsep modifikasi mobil ini adalah hobi. Pada bagian eksterior, kita buat simple dan elegan. Kita juga buat double decker, sehingga saat ke tempat wisaja, pemilik bisa duduk santai di atas," bebernya.

Lanjut pada bagian eksterior, Gran Max Caravan ini dibalut warna hitam, silver dan emas yang disematkan pada roda yang berjumlah 6, dimana pada bagian kaki-kaki, terutama pelek diganti dan balut ban berukuran 18 inci.

"Total modifikasi secara keseluruhan mencapai Rp 350 juta. Harga itu sudah termasuk harga mobilnya," katanya

Nah, untuk Otolovers yang niat memodifikasi Gran Max seperti tampilan di atas, Satryo menyarankan untuk melakukan perombakannya saja, yang bertempat di Xentras Box dan Baze, Cibinong, Bogor.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com