Cara Polisi Lalu Lintas Ini Terima Uang Sogok Tertangkap Kamera

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 20 Des 2020 08:10 WIB
Polisi terima uang suap dari pelanggar lalu lintas di India.
Polisi terima suap dari pelanggar lalu lintas. Foto: Youtube: UncleCruise
Pune, India -

Suap menyuap sudah menjadi budaya buruk yang menggerogoti berbagai hal termasuk dalam penegakan hukum lalu lintas. Di sejumlah negara sering kali ada orang yang lepas dari pelanggaran lalu lintas dan memilih 'jalan damai' dengan cara menyuap penegak hukum.

Seperti halnya sebuah video viral yang memperlihatkan seorang polisi menerima uang suap dari pelanggar lalu lintas. Dilansir Cartoq ada oknum polisi yang memang sengaja menakut-nakuti pelanggar lalu lintas dengan ancaman denda besar lalu menawarkan cara damai dengan memberi mereka uang damai sehingga tak perlu melewati proses berbelit. Peristiwa ini dilaporkan terjadi di Pune, India.

Dalam video terlihat dua orang wanita yang melanggar karena tidak menggunakan helm saat berkendara. Tidak dapat diidentifikasi wajah mereka dengan jelas karena mereka menggunakan masker.

Video ini memperlihatkan petugas polisi yang juga wanita tampak seperti sedang melakukan razia. Seorang petugas yang berurusan dengan dua wanita tadi terlihat mengatakan sesuatu kepada dua wanita tadi. Video yang direkam dari atas rumah ini cukup jauh hingga suara percakapan mereka tak terdengar, namun cukup jelas tindak tanduk mereka.

Pelanggar tampaknya paham apa yang disampaikan polisi dan menyiapkan uang. Dikarenakan menerima suap adalah pelanggaran juga bagi kepolisian, polisi itu pura-pura melihat ke arah lain dan pelanggar tadi memasukkan uang kertas yang tidak dapat diidentifikasi berapa nilainya itu ke saku belakang polisi.

Cara ini dilakukan seakan-akan menerima tidak menerima suap. Oknum polisi itu bisa saja mengatakan ia tidak tahu ada orang yang memasukkan uang ke dalam sakunya.

Belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Polisi setempat di Pune, India, tentang masalah ini. Menurut Cartoq masalah ini jarang sekali dibawa ke tahap hukum. Sebagian besar kasus tersebut ditutup tanpa tindakan yang tepat terhadap polisi.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Gerombolan yang Acungkan Celurit Ternyata Geng Motor, 10 Dibekuk"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)