Lampu Depan Mobil Rusak, Pengemudi Ini Ganti dengan Senter

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 08 Des 2020 11:23 WIB
Lampu mobil yang rusak diganti dengan senter yang dilakban ke mobil.
Lampu mobil diganti dengan senter. Foto: Twitter: wspd2pio
Jakarta -

Tidak semua barang aftermarket untuk aksesori atau modifikasi ilegal. Tapi, jika modifikasi dilakukan dengan cara sendiri dan menggunakan aksesori yang tidak wajar tentu akan menarik perhatian polisi lalu lintas.

Itulah yang terjadi pada seorang pria pemilik mobil Chevrolet Impala di Amerika Serikat ini. Mobil itu diberhentikan polisi karena lampu depannya diganti dengan sumber cahaya lain yang seharusnya tidak dipakai pada mobil.

Lampu mobil yang rusak diganti dengan senter yang dilakban ke mobil.Lampu mobil yang rusak diganti dengan senter yang dilakban ke mobil. Foto: Twitter: wspd2pio

Mobil itu tak memiliki lampu depan aslinya lagi lantaran baru saja mengalami kecelakaan seperti yang terlihat di foto. Akan tetapi sang pemilik tetap ingin berkendara di malam hari. Alhasil lampu senter pun dilakban di depan mobil untuk menggantikan peran lampu utama yang telah hilang dari tempatnya.

Tentunya bentuk serta penerangan yang diberikan oleh senter berbeda dengan lampu mobil. Polisi pun dengan mudah mengenali perbedaannya dan menghentikan mobil tersebut. Saat diberhentikan ternyata SIM pengemudi juga sedang dalam masa tidak boleh berkendara sesuai aturan setempat.

Lampu mobil yang rusak diganti dengan senter yang dilakban ke mobil.Lampu mobil yang rusak diganti dengan senter yang dilakban ke mobil. Foto: Twitter: wspd2pio

Selain memang tidak menggunakan lampu sesuai aturan dan standar menggunakan senter jelas akan membahayakan diri dalam berkendara si pengemudi. Lampu depan mobil dirancang dengan tingkat kecerahan tertentu agar dapat menerangi perjalanan mobil dengan mumpuni. Sementara itu senter tak memiliki kemampuan yang setara dengan lampu mobil.

Selain itu, melihat dari penempatannya juga tidak terlalu pas sehingga target pencahayaan tidak sesuai dengan lampu mobil biasa. Pengemudi dapat salah mengartikan pandangan sehingga mengganggu visibilitas dalam berkendara. Belum lagi jika senter yang dilakban terlepas karena angin bisa mengganggu pengendara lain atau pengemudi panik karena penerangan tiba-tiba hilang.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)