Selasa, 14 Jul 2020 17:49 WIB

Gokil! Pria Ini Jelajahi Dunia Pakai Honda Monkey

Rizki Pratama - detikOto
Pria ini akan mengelilingi dunia menunggangi Honda Monkey Keliling dunia naik Honda Monkey. (rideapart)
Jakarta -

Beberapa sepeda motor dibuat dengan fungsi khusus agar memberikan kenyamanan sesuai medannya. Motor sport fairing dan motor petualang memiliki daerah kekuasaannya masing-masing.

Akan tetapi tak jarang pula ada orang yang mencoba hal tak lazim seperti Andre Sousa. Pebalap asal Portugal ini berkeliling dunia untuk memecahkan rekor dunia untuk perjalanan terjauh dan tercepat menggunakan motor kecil.

Pada 12 Juli 2020, Sousa memulai petualangan dunianya ini. Berdasarkan kalkulasi, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih dua tahun. Jarak tempuh yang akan dilewati Sousa mencapai 60 ribu km melintasi 50 negara.

Bicara soal motornya, Sousa mengandalkan Honda Monkey. Tentunya Honda Monkey yang dipakai Sousa sudah mengalami penyesuaian. Tambahan performa dilakukan dengan menggunakan knalpot aftermarket. Selain itu itu lampu juga ditambah untuk memberika visibilitas lebih pada malam hari atau cuaca buruk.

Selain beberapa perubahan kecil, motor ini juga penuh dengan berbagai perkakas yang dibutuhkan selama perjalanan. Ada tas besar yang hampir sebesar motor munguil itudiikat di belakang serta boks samping untuk menambah kapasitas angkutan barang.

Dari segi dapur pacu, tenaga Honda Monkey dihasilkan oleh mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc. Mesin sepeda motor ini memiliki pendingin udara dengan diameter dan panjang langkah sebesar 52,4 x 57,9 dan perbandingan kompresi 9,3:1, ditunjang dengan teknologi PGM-FI Honda Monkey menghasilkan tenaga maksimal 6,9kW @ 7.000rpm dan torsi sebesar 11Nm @ 5.250rpm.

Model ini memiliki jarak sumbu roda 1.155mm, bobot sepeda motor ini juga ringan yaitu 107kg dengan ketinggian jok 776mm dari permukaan tanah. Ground clearance maksimal dari sepeda motor ini adalah 160mm. Joknya terbuat dari karet uretan kepadatan tinggi untuk memberikan kenyamanan yang maksimal.

Perjalanan Sousa dapat diikuti melalui laman Ride That Monkey dan akun media sosialnya.



Simak Video "Honda Monkey, Si Mungil yang Dibanderol Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com