Minggu, 01 Mar 2020 12:05 WIB

Agar Tak Celakai Orang, Lakukan Ini Sebelum Nyetir Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Sekolah Mengemudi Ilustrasi mengemudikan mobil.Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Kecelakaan fatal melibatkan pengendara mobil dan ibu hamil terjadi di di Gang Madat, Palmerah, Jakarta Barat, belum lama ini. Peristiwa tragis yang menimbulkan korban meninggal ini terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sekitar lokasi kejadian.

Dari rekaman gambar yang beredar di dunia maya, korban saat itu sedang menyeberang jalan ke arah mobil yang sedang berhenti di pinggir jalan. Ketika mendekati mobil tersebut, mobil tiba-tiba melaju, dan menyeruduk korban dari belakang.

Berkaca dari kejadian itu, pengendara mobil di mana pun berada harusnya waspada dan sadar dengan lingkungan di sekitarnya. Tujuannya untuk meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan akibat human error atau kendala teknis lainnya.

"Jadi sebelum masuk mobil, pengendara harusnya berkeliling mobil dulu untuk memastikan objek-objek yang ada di sekitar. Jangan sampai saat ia start menabrak sesuatu di sekitarnya karena blind spot," kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, kepada detikcom, belum lama ini.

Setelah memastikan keberadaan objek di sekitar, pengendara mobil bisa mulai menghidupkan mesin, namun dengan catatan tuas rem tangan masih dalam posisi aktif. Selain itu beri tanda ke pengguna jalan lain dengan menyalakan lampu sein dan membunyikan klakson sebanyak 2 kali.

"Kemudian kaki kanan tetap di rem, kalau semua sudah aman baru hand rem diturunkan. Kemudian rem kaki diangkat secara bertahap, dan biarkan mobil bergerak perlahan sambil menambah gas sedikit demi sedikit," jelas Jusri.



Simak Video "Kronologi Bajaj Vs TransJ di Pademangan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com