Minggu, 02 Feb 2020 09:06 WIB

Makin Berisik Suara Klakson, Semakin Lama Lampu Merah Menyala

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Dilarang membunyikan klakson Larangan membunyikan klakson. Foto: Istimewa
Mumbai -

Beberapa jalanan di India terkenal berisik dengan suara klakson. Salah satunya di Mumbai yang kemacetan lalu lintas seakan menjadi rutinitas.

Di tengah kemacetan, orang-orang India hobi menekan klakson kendaraannya. Di persimpangan dengan lampu merah, misalnya, lampu masih menyala merah dan masih lama hingga berganti hijau saja pengendara di sana sudah membunyikan klakson panjang. Mirip-mirip dengan di jalanan Jakarta.

Polisi Mumbai memiliki terobosan baru agar pengendaranya tak sembarangan membunyikan klakson di lampu merah. Ini disebut Punishing Signal. Polisi Mumbai mengunggah video di Twitter-nya.

"Di sini, orang-orang selalu membunyikan klakson bahkan ketika lampu merah. Mungkin mereka pikir dengan membunyikan klakson mereka bisa mengubah sinyal menjadi lampu hijau lebih cepat," sebut pria di dalam video.

Dalam video tersebut, polisi terlihat memasang pengukur desibel di atas tiang lampu merah untuk mendeteksi polusi suara. Ketika pengukur membaca suara klakson melewati 85db, maka lampu merah akan semakin lama menyala. Agar lampu merah tak menyala lebih lama, pengendara harus bijak membunyikan klakson kendaraan.

Setiap suara klakson terdeteksi 85db, lampu merah bertambah 90 detik. Pengukur suara itu juga menampilkan pesan, "Semakin berisik (suara klakson), menunggu (lampu merah) lebih lama."



Simak Video "Dengan Cara Ini, Polisi Mumbai Bikin Kapok Orang yang Hobi Klakson"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com