Harusnya Jadi Panutan, Oknum Komunitas Mobil Malah Lebih Suka Jadi Cemoohan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 30 Des 2019 18:10 WIB
Foto: Screenshot group Motuba
Jakarta - Praktisi Defensive Driving Andry Berlianto memberi tanggapan terkait aksi menyalakan sirine komunitas Pajero Sport saat konvoi di Gunung Bromo, Jawa Timur. Menurut Andry aksi tersebut tidak pantas dilakukan oleh komunitas mobil.

"Karena komunitas otomotif harusnya jadi contoh yg benar soal bagaimana seharusnya mentaati hukum/peraturan yang berlaku," kata Andry kepada detikcom, Senin (30/12/2019).



Dikatakan Andry, komunitas mobil seharusnya jadi corong kampanye berkendara secara aman (Safe Driving) ke khalayak luas, bukan malah jadi ajang pamer kekuatan, seperti membunyikan sirine.

"Jika dilihat konvoi tersebut tampaknya tidak ada hal-hal yang darurat terjadi dan nyala sirine strobo dirasa tidak perlu dan tidak penting," lanjut Andry.



"Tunjukkan gerakan positif dari komunitas agar khalayak ramai dapat mengacungkan jempol tanda memuji," pungkasnya.

Sebelumnya, postingan soal perilaku komunitas Pajero Sport ramai dibahas di grup facebook Motuba. Salah seorang member grup facebook tersebut memosting video konvoi sirine pengguna Pajero Sport di Gunung Bromo, Jawa
Timur.



"Mbah mau nanya, kira2 ini rombongan mobil jenazah bisa dikutuk sama penghuni goib Gunung Bromo gak yak," tulis Rakean Andana, dalam postingan video konvoi Pajero tersebut di grup facebook Motuba, Minggu (29/12/2019).

Postingan yang bisa Anda lihat di link ini tersebut pun memicu tanggapan dari para member Motuba. Hingga Senin (30/12/2019) pagi (07:47 WIB), postingan itu sudah 50 kali dibagikan dan mendapat 992 komentar.



"Please deh..norak bangett," kata Ricky Wahyudi Putra.

"Saya nontonnya kok malu sendiri...tetot wiu wiu disitu emng mau ngapain?," sahut Beny Ben'z.

"dipadang pasir sepi gitu aja pake sirbo, apalg jalan umum... parah... kena makan sumpah serapah orang terus," kesal Denny Agung Ariefson.

Simak Video "Khawatir Tsunami, Warga di Alaska Cari Dataran Tinggi "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)