Viral! Bocil 'Sakti' Duduk Sila Menghadap Samping saat Dibonceng Motor

ADVERTISEMENT

Viral! Bocil 'Sakti' Duduk Sila Menghadap Samping saat Dibonceng Motor

Tim detikOto - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 16:13 WIB
Anak SD duduk di Motor dengan cara bersila
Bocil naik motor dengan bersila. Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Ada-ada saja tingkah pengendara dan penumpang motor satu ini. Mungkin di satu sisi terlihat lucu, namun jelas bahaya di depan mata. Ya, dalam video yang tengah viral di sosial media, emak-emak pengendara motor terlihat membiarkan bocah kecil yang diduga anaknya duduk di kursi penumpang dengan bersila.

Bocah itu terlihat duduk santai, tanpa mengenakan helm dan terlihat cukup stabil meski duduk sila dan menghadap ke samping. Emak-emak yang mengendarai motor pun terus berjalan tanpa ambil pusing dengan tingkah bocah di belakangnya itu. Hal itu menimbulkan banyak komentar dari warganet di unggahan Twitter @ndangels tersebut.

"Duit goceng gua kemana ya tadi," tulis salah satu akun Yonri.

Hal senada juga disampaikan akun @terminalbisboyolali, yang menilai gaya anak tersebut sangat keren.

"Definisi tampa dan berani sesungguhnya," tulisnya.

Praktisi keselamatan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, perilaku berkendara seperti ini sangatlah berbahaya dan tidak pantas untuk di ditiru. Bahkan bisa dipastikan, perilaku berkendara ini, menandakan bahwa ibu tersebut tidak sayang kepada sang anak.



"Pertama, keselamatan penumpang dan barang jadi tanggung jawab si pengemudi, dan ini kalau sayang anak harusnya tidak membebaskan duduk sembarangan," ucap Sony.

"Seharusnya anak itu juga dilengkapi dengan alat keselamatan dan pengetahuan mengenai keselamatan. itu namanya sayang anak," Sony menambahkan.

Sony menjelaskan jika melihat posisi duduk anak SD tersebut, akan tersebut tidak memiliki keseimbangan.

"Dengan duduk seperti itu, center of gravity itu ada di atas, jika kaki ada pada pushstep bisa mengurangi gaya gravitasi karena gravitasi tidak berada di atas, dan bisa mengikuti pengemudi mengarahkan kendaraan," ucap.



Simak Video "Catat! Tugas Polantas Tidak Hanya Sebatas Menilang Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT