Kronologi Motor Ditilang di Dealer Kawasaki: Katanya Baru Keluar Dealer, Padahal....

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 13:12 WIB
viral pemotor ditilang baru keluar dari dealer
Begini kronologi video viral motor baru keluar dealer ditilang polisi. Foto: Screenshot instagram undercover.id
Jakarta -

Viral di sosial media, pemotor ditilang saat berada di depan dealer. Dalam video yang beredar, tertulis narasi 'baru keluar dealer ditilang'. Tampak juga pengendara adu argumen dengan pihak kepolisian karena tidak terima ditilang di depan dealer.

Video bertuliskan 'baru beli motor ditilang' pertama kali diunggah akun TikTok fendimobile775. Meski postingan tersebut kini sudah dihapus, beberapa akun media sosial berhasil meng-capture dan kemudian mempublikasikan ulang.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung AKP Rochmawan meluruskan hal itu. Dijelaskan Rochmawan tidak ada anggotanya menilang motor yang baru keluar dari dealer. Adapun, kejadian yang sebenarnya si pemotor itu melanggar lalu lintas karena tidak menggunakan pelat nomor dan mengenakan knalpot brong.

"Pas menghentikan berhentinya di depan dealer kawasaki di Jl.Ahmad Yani, itu dari situ dihentikan. Nah masyarakat ini langsung masuk ke dalam dealer Kawasaki di parkiran depan, di tengah lah di tanya surat-suratnya, SIM-nya mati, TNKB tidak ada akhirnya ditilang sama anggota," jelas Rochmawan kepada detikcom, Jumat (24/6/2022).

Rochmawan lebih lanjut menyebut pengendara itu tidak terima dengan tilang yang dilakukan anggota. Maka dari itu dibuatlah narasi seolah-olah motor baru keluar dari dealer maka dan tidak memiliki pelat nomor.

Pengendara juga disebut kurang kooperatif karena tidak menyerahkan kuncinya saat diberhentikan. Hal itu membuat petugas harus mendorong motor sejauh 300 meter ke kantor polisi.

"Padahal petugas itu mendorong barang bukti karena ini sitaan sementara, nanti kan masyarakat ke Polres membawa TNKB sama membawa knalpot aslinya diganti di Polres," jelas Rochmawan.

Bila melihat pada video, tampak motor Kawasaki ZX-25R berkelir biru itu tidak terdapat spion. Entah sudah dimodifikasi atau memang tidak digunakan. Di sisi lain tidak ada pelat nomor tercantum di bagian depan motor.

Adapun kalau motor sepenuhnya baru sedangkan pelat nomor asli belum keluar maka akan menggunakan pelat sementara. Pelat sementara itu memiliki latar putih dengan tulisan warna merah.

Kemudian untuk Kawasaki ZX-25R sendiri model terbarunya sudah tidak ada lagi yang memiliki warna biru seperti tampak dalam video. Mengutip laman Kawasaki Motor Indonesia, Kawasaki ZX-25R terbaru hanya memiliki tiga pilihan warna yakni Passion Red/Pearl Robotic White, Lime Green/Ebony/Pearl Blizzard/White, dan Metallic Matte Graphene Steel Gray.



Simak Video "Unik! Patung Ikan Ini Dibuat dari Knalpot Brong Sitaan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)