Viral Motor Baru Keluar dari Dealer Ditilang Polisi

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 09:47 WIB
viral pemotor ditilang baru keluar dari dealer
Viral motor ditilang baru keluar dari dealer. (Foto: Screenshot instagram undercover.id)
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan polisi tengah mengamankan sepeda motor di dealer tengah jadi perbincangan warganet di dunia maya. Dilihat detikcom, dalam video tersebut pengendara menyampaikan keberatannya karena ditilang padahal posisinya keluar dari dealer.

"Ini posisinya udah di dealer pak, bukan di jalan," ungkap seorang pria yang mengenakan helm.

"Mau di dealer mau di jalan," sahut polisi tersebut.

Video bertuliskan 'baru beli motor ditilang' pertama kali diunggah akun TikTok fendimobile775. Namun video tersebut kini sudah dihapus. Meski begitu, beberapa akun sudah sempat mengambil video itu untuk kemudian diunggah kembali. Salah satunya oleh akun instagram undercover.id.

Warganet pun ramai-ramai menghujani kolom komentar. Banyak diantaranya menyudutkan pihak kepolisian. Tapi ada beberapa juga yang menunggu kejelasan dari kejadian sebenarnya.

"Jgn ngejudge .. itu belum jls msalah awal nya dimna..jgn asal nuduh org wahai deterjen yg mudah dikomporin," ungkap seorang warganet.

"Video nya sepotong doang belum tau siapa yg Salah. motor tidak ada plat dgn bukan tamPilan bukan motor baru (Off the road)," tulis warganet lainnya.

Penjelasan Polresta Bandar Lampung

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polresta Bandar Lampung Rochmawan membantah anggotanya melakukan penilangan pada motor yang baru keluar dealer. Kata Rochmawan, penilangan terjadi karena pengendara melakukan pelanggaran. Kebetulan saat diberhentikan, posisinya berada di depan dealer Kawasaki.

"Itu kejadiannya Rabu 08.30 WIB, anggota patroli di tertib lalu lintas, dilihat motor itu pelanggaran TNKB, nopolnya tidak ada sama knalpot brong, bising, jadi anggota berupaya untuk menghentikan," beber Rochmawan dihubungi detikcom, Jumat (24/6/2022).

Kalau melihat pada video, tampak motor Kawasaki ZX-25R itu tidak terdapat spion. Entah sudah dimodifikasi atau memang tidak digunakan. Di sisi lain tidak ada pelat nomor tercantum di bagian depan motor.

Adapun kalau motor sepenuhnya baru sedangkan pelat nomor asli belum keluar maka akan menggunakan pelat sementara. Pelat sementara itu memiliki latar putih dengan tulisan warna merah.

Kemudian untuk Kawasaki ZX-25R sendiri model terbarunya sudah tidak ada lagi yang memiliki warna biru seperti tampak dalam video. Mengutip laman Kawasaki Motor Indonesia, Kawasaki ZX-25R terbaru hanya memiliki tiga pilihan warna yakni Passion Red/Pearl Robotic White, Lime Green/Ebony/Pearl Bilzzard/White, dan Metallic Matte Graphene Steel Gray.

Sekadar informasi tambahan, motor ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 249,8 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga setara 51 PS pada 15.500 rpm dan torsi maksimum 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Mesin dipasangkan dengan transmisi 6-speed, return. Mobil sport dengan bobot 182 kg tersebut memiliki kapasitas tangki 15 liter.

Saat ini motor Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE terbaru dijual dengan banderol Rp 119,7 juta.



Simak Video "Momen Warga Tolong Bayi dan Pemotor yang Jatuh di Jembatan Bagbagan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)