Pria Ini Punya Yamaha RX-Z 1994 Super Mulus, Netizen Terpukau

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 12:29 WIB
Yamaha RX-Z 1994 super mulus
Yamaha RX-Z Foto: dok. Tiktok (Inovherypus)
Jakarta -

Pria yang satu ini bisa menjadi contoh bagi penggila otomotif lainnya nih, dengan tangan dinginnya Yamaha RX-Z kelahiran 1994 miliknya masih terawat dengan baik, bahkan tampang mulus seperti bentuk originalnya masih tersaji.

Hal tersebut diungkapkan oleh pemilik akun @inovherypus di media sosial TikTok. Ia membagikan kisah tentang perjalanannya memiliki Yamaha RX-Z sejak tahun 1994 sampai sekarang.

Sedikit informasi, Yamaha RX-Z merupakan salah satu motor sport legendaris pada masanya. Pabrikan asal Jepang ini pertama kali memproduksi Yamaha RX-Z pada tahun 1985, lalu mulai terkenal pada era tahun 1990-an dan laris manis di Malaysia. Bahkan sampai sekarang masih banyak diincar oleh para kolektor roda dua.

Pria itu kemudian membagikan cerita kepada netizen bahwa telah merawat Yamaha RX-Z selama 27 tahun. Dalam video tersebut, ia mengatakan jika sepeda motor tersebut dibelikan oleh sang Ayah.

"Saya punya Yamaha RX-Z tahun 1994 yang sudah saya pakai 27 tahun. Jadi saya diberikan sama bapak saya dari baru dan saya pakai 27 tahun. Bulan Juli tahun 1994, Yamaha launching RX-Z model baru yaitu dengan setang jepit, speedometer bulat dengan striping atau lis yang lebih modern," kata pria tersebut dalam video yang diunggah.

Setelah diluncurkan secara resmi di Indonesia, sang Ayah kemudian membelikan motor itu untuknya pada 31 Agustus 1994. Pada video tersebut juga diperlihatkan kwitansi asli dan terlihat jelas harga sepeda motornya saat itu tak sampai menyentuh Rp 5 juta.

"Harganya Rp 4.850.000," jelas pria tersebut.

@inovherypus Cerita Yamaha RX Z 1994 #yamaha #yamaharxz #rxz #rxzstilltheboss #rxzindonesia #rxzmalaysia #2strokelover #2strokeindonesia ♬ original sound - inovherypus

Pria itu menjelaskan jika hampir seluruh komponen pada sepeda motornya masih orisinal bawaan pabrik. Namun ada beberapa komponen yang dibelinya secara imitasi, karena harga peranti aslinya lumayan mahal dan sulit ditemukan.

"Seperti kunci kontak dan tutup tangki saya pakai yang KW, footstep depan dan belakang saya juga pakai kualitas KW, karena harga barunya sekitar Rp 3 juta," ujarnya.

Handgrip pada Yamaha RX-Z miliknya juga dikatakan telah menggunakan produk imitasi. Namun ia berusaha mencari handgrip yang mirip dengan aslinya agar nuansa klasik tidak berkurang.

Yang cukup mengejutkan adalah komponen jok motor. Ia mengatakan jika kulit joknya menggunakan bahan imitasi karena harga aslinya bisa mencapai Rp 1 jutaan. Namun jika ia membeli secara penuh dalam kualitas orisinal, harganya bisa menyentuh Rp 4 jutaan.

"Kalau full jok yang baru harganya sekitar Rp 4 jutaan," tuturnya.

Sementara itu sistem kelistrikannya juga masih berfungsi normal. Pada video tersebut ia membuktikannya dengan lampu sein hingga lampu netral masih menyala.

"Dan semua instrumen kelistrikan masih aktif, baik lampu sein dan lampu netral semuanya masih nyala. Jarum RPM juga masih bergerak dengan baik, sementara jarum kilometer kalau berjalan juga masih bergerak," pungkasnya.

Pada akhir video, ia menjelaskan jika Yamaha RX-Z miliknya sudah dipakai untuk sehari-hari sejak pertama kali dibeli pada tahun 1994. Selain itu, sepeda motor kesayangannya itu juga dipakai untuk touring ke berbagai kota.

Banyak Netizen yang Tertarik untuk Memboyongnya

Video soal Yamaha RX-Z klasik milik akun @inovherypus kini tengah viral di TikTok. Sampai sekarang sudah ditonton lebih dari 690 ribu kali dan mendapat tombol like oleh 27 ribu akun.

Tak sedikit netizen yang menanyakan apakah motor tersebut dijual atau tidak lewat kolom komentar. Namun pria itu kekeh untuk tidak menjual Yamaha RX-Z 1994 kesayangannya ke orang lain, berapapun harga yang ditawarkan.

Beberapa netizen juga setuju jika sepeda motor tersebut sebaiknya tak perlu dijual, karena dibalik itu semua terdapat kisah perjalanan selama 27 tahun yang tak bisa terulang kembali.

"Keren bang ngga usah dijual buat koleksi aja syukur-syukur nambah," kata pemilik akun @akarpisang12_ di kolom komentar.

"Pertahankan jangan dijual bang motor bersejarah itu, turunkan ke anak dan generasi selanjutnya," tulis pemilik akun @aleiz_deangleis

"Harta karun berharga nilai tinggi," kata pemilik akun @gofourgozhali



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)