Viral Jembatan Kayu Ambruk, Pemotor Tercebur

Whisnu Pradana - detikOto
Senin, 03 Jan 2022 16:33 WIB
Salah satu bagian jembatan penghubung 2 kecamatan di Bandung Barat ambruk.
Jembalas ambruk, pemotor tercebur Foto: Istimewa
Jakarta -

Jembatan kayu yang ambrol hingga membuat pemotor tercebur tengah ramai dibicarakan warganet. Detik-detik peristiwa itu menyebar di media sosial.

Salah satunya diunggah oleh akun instagram @fakta.indo pada Minggu (2/1/2022) jembatan kayu tersebut dilintasi oleh pemotor dari dua arah. Tapi tiba-tiba, jembatan kayu itu patah, ada beberapa pemotor yang langsung tercebur ke air.

Diberitakan detikcom sebelumnya, peristiwa itu terjadi di Jembatan Batujajar - Cihampelas (Jembalas), Kabupaten Bandung Barat pada Minggu, (2/1/2022) lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

Pengelola Jembatan Cihampelas Cecep Sumanta mengatakan ambruknya jembatan tersebut diakibatkan drum yang menjadi penyangga pondasi jembatan terbalik disapu angin kencang sehingga menyebabkan sebagian jembatan patah.

"Kebetulan hanya bagian pinggir jembatan saja yang patah, panjangnya sekitar 4 meter. Tapi kalau bagian jembatan yang lainnya masih aman," ujar Cecep saat dihubungi detikNews.

Diketahui Jembalas sepanjang 540 meter dengan 2,5 meter yang berdiri di atas aliran Sungai Citarum itu baru saja diresmikan sekitar satu bulan yang lalu.
Kapolsesk Batujajar AKP Nana Supriatna membenarkan ada pemotor yang terperosok, beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Betul ada pengendara motor yang terperosok, namun sudah dibawa ke Klinik Cihampelas. Katanya enggak apa-apa, jadi cuma kaget saja dan sekarang sudah pulang ke rumahnya," terang Nana.

Saat ini pihak pengelola jembatan tengah melakukan perbaikan di bagian jembatan yang patah tersebut. Sementara akses warga dari kedua kecamatan terpaksa harus melalui jalur utama yang memutar dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan lebih lama.

"Sekarang sedang dibenahi dulu jembatannya dan ditutup aksesnya selama perbaikan. Alhamdulillah kalau korban jiwa enggak, jadi hanya pemotor yang terperosok itu aja," tegas Nana.

Hermansyah, warga Padalarang yang jadi korban patahnya bagian jembatan tersebut mengatakan saat ini kondisinya baik-baik saja usai mengalami insiden tersebut.

"Alhamdulillah saya baik-baik saja, hanya lecet-lecet sedikit. Dan sudah dibawa ke klinik untuk diobati setelah kejadian itu," kata Hermansyah.

Ia juga menyebut jika pihak pengelola jembatan sudah bertanggungjawab atas insiden yang dialaminya. "Pengelola juga sudah berkomunikasi dan sudah bertanggungjawab. Intinya kami sehat," tambahnya.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)