Polisi Setop Moge Pakai Knalpot Bising, Malah Dipinjam Nyobain Test Ride

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 28 Agu 2021 10:40 WIB
Polisi Jajal Suzuki Hayabusa
Polsisi menjajal Suzuki Hayabusa (Youtube/Downtown_Motovlogsl)
Jakarta -

Seorang petugas polisi India menghentikan moge dalam sebuah razia karena dianggap menggunakan knalpot bising. Si pengendara tidak ditilang, tapi 'harus' merelakan motornya dipinjam pak polisi yang penasaran mau coba.

Kebijakan larangan penggunaan kenalpot bising bukan cuma tengah digalakkan di Indonesia. Kondisi serupa ditemui di India, di mana petugas kepolisian kerap menghentikan motor yang dianggap memakai knalpot bising.

Tapi penindakan terhadap motor dengan knalpot bising di India tidak dilakukan secara scientific. Mereka tidak memakai alat pengukur kekuatan suara, jadi cuma berpatokan pada telinga saja.

Salah satu kasus razia terhadap pengendara motor pengguna knalpot bising terjadi di Kalkota, belum lama ini. Beberapa petugas kepolisian yang berjaga di tepi jalan menyetop Suzuki Hayabusa milik seorang vloger. Video razia itu kemudian diunggah oleh akun Youtube Downtown_Motovlogs.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

Pada awalnya proses razia berjalan seperti biasa. Petugas menanyakan asal dan tujuan si pengendara motor. Petugas juga meminta surat-surat kelengkapan berkendara.

Polisi yang sama kemudian menanyakan soal knalpot yang dipakai Suzuki Hayabusa tersebut. Uniknya, dia malah memberi pesan pada si pengedara tentang kerugian yang ditimbulkan oleh knalpot bising. Termasuk menyebut knalpot bising bisa membuat orang lain kena serangan jantung dan kaget di jalan.

Setelah menanyakan surat-surat dan efek buruk knalpot bising, petugas polisi mulai mengalihkan pembicaraan tentang spesifikasi motor. Dia terlihat penasaran, dan kemudian menanyakan soal power motor tersebut.

Petugas yang sama kemudian bilang ke rekannya kalau dia mungkin tak akan pernah mengendarai motor tersebut.

Si pengendara motor ternyata membaca 'kode' yang disampaikan polisi. Dia kemudian menawarkan polisi tersebut mengendarai motornya.

Dikutip dari Cartoq, polisi tersebut terlihat sangat girang setelah duduk di atas Hayabusa. Bukan sekadar nangkring di atas motor, dia bahkan diizinkan melakukan test ride memutari ruas jalan.

Aksi polisi menjajal motor yang mereka berhentikan di tepi jalan ternyata sering terjadi di India. Ini umumnya terjadi pada motor-motor besar. Peristiwanya terjadi di beberapa kota berbeda, dengan motor yang 'dipinjam' termasuk Ducati Diavel.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

Spesifikasi Suzuki Hayabusa

Suzuki Hayabusa terbilang laku keras di pasar India. Model terbaru motor tersebut ludes terjual dalam hitungan jam pada Juli lalu.

Suzuki Hayabusa terbaru disematkan 1.304 cc, empat silinder, yang memenuhi standar emisi BS6. Konfigurasi tersebut bisa memuntahkan tenaga 187 dk pada 9.700 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin tersebut digabungkan ke gearbox enam kecepatan dengan quickshifter dua arah untuk perpindahan gigi tanpa kopling. Selain itu ada pula teknologi ride-by-wire untuk respons throttle yang tepat.

Di India, Suzuki Hayabusa 2021 dilepas dengan harga 16,40 lakh. itu setara dengan Rp 309,5 juta.



Simak Video "Gegayaan, Pengendara di Subang Terjaring Razia Knalpot Bising"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)