Viral Driver Ojol Kembalikan Bungkusan Plastik Berisi Setumpuk Uang Rp 80 Juta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 10 Agu 2021 07:05 WIB
Tumpukan uang yang dikembalikan driver gojek ke pemiliknya
Foto: Twitter @tama28nda
Jakarta -

Momen mengejutkan dialami oleh seorang driver ojek online yang satu ini. Setelah mengantarkan penumpang ke tempat tujuan, dia menemukan sebuah barang yang tertinggal. Isinya segepok uang senilai puluhan juta rupiah.

Beberapa waktu lalu, seorang driver dari salah satu perusahaan ojek online viral di media sosial Twitter. Dia mencuit soal pengalaman mengejutkannya dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dalam cuitannya di akun Twitter @tama28nda, dia menceritakan bahwa telah menemukan sebuah barang yang tertinggal oleh penumpang. Saat dibuka, dia pun terkejut dengan isinya yang merupakan duit senilai puluhan juta Rupiah.

Cerita ini bermula saat Tama, seorang driver ojek online, mendapat orderan penumpang. Dia menjelaskan jika penumpang tersebut nampak tergesa-gesa. Sebelum berangkat, penumpang yang merupakan wanita tersebut menitipkan sebuah barang di dalam bagasi motornya.

"Jadi awalnya saya dapat orderan, terus penumpangnya terlihat buru-buru gitu. Sebelum jalan dia minta tolong untuk titip barang di dalam bagasi motor, ya udah saya persilahkan. Tapi, saya nggak menanyakan itu barang apa karena terlihat tidak sopan," kata Tama saat dihubungi oleh detikcom, Senin (9/8/2021).

Selama di perjalanan, Tama mengaku jika sang penumpang hanya diam saja dan tidak berkata sepatah apapun. Sampai akhirnya tiba di tempat tujuan yaitu salah satu rumah sakit di Bandar Lampung, penumpang tersebut turun memberikan uang dan helm, lalu segera masuk ke dalam.

"Pas sudah sampai di tempat tujuan, dia melepas helm dan bayar ongkos abis itu langsung masuk ke dalam. Nah saya juga nggak masukin helm ke dalam bagasi, saya cantolin dulu di gantungan motor. Setelah itu saya jalan dan pergi nyari orderan," sambungnya.

Hampir 30 menit Tama berkeliling mencari orderan, kemudian dia berinisiatif memasukan helm ke dalam bagasi motor. Dan, di saat itu momen mengejutkan terjadi. Tama baru sadar ketika barang bawaan milik penumpang tertinggal di bagasi motor, kemudian dia membuka kantong plastik tersebut dan menemukan duit senilai Rp 80 juta.

"Kira-kira setengah jam cari orderan, saya akhirnya mau taruh lagi helm di bagasi motor. Nah disitulah saya baru sadar ketika dibuka 'lah ini barang bawaan punya orang tadi' saya pun meraba barang tersebut, awalnya seperti batu bata karena berbentuk persegi panjang. Pas dilihat wah ternyata ada duit segepok berwarna biru sama merah, shock lah saya saat itu," jelas Tama.

Tama mengaku gemetar ketika mengetahui terdapat duit senilai puluhan juta yang tersimpan di dalam plastik berwarna hitam. Dirinya kemudian langsung kembali ke rumah sakit dan berusaha menemukan si penumpang tersebut.

Tapi, usaha tersebut tidak mudah. Pertama, penumpang tersebut tidak memesan ojek melalui akunnya namun dipesan oleh orang lain. Kedua, tidak ada nomor telepon yang tertera dalam riwayat order. Alhasil, Tama hanya berbekal ingatan dari baju penumpang yang digunakan.

"Akhirnya saya keliling hampir 2 jam mengitari rumah sakit hanya untuk ketemu si mbak tersebut. Tapi karena kondisi lagi pandemi gini, kan nggak bisa sembarangan masuk ruangan dan saya takut juga. Akhirnya saya cuman mengandalkan ingatan dari baju yang digunakan. Tapi syukur Alhamdulillah, saya dipertemukan dengan penumpangnya," tutur pria tersebut.

Tama menjelaskan, kondisi penumpang saat ditemukan dalam keadaan panik. Bahkan, wanita tersebut sudah mendatangi sejumlah pangkalan ojek online untuk menanyakan keberadaan posisi Tama.

Akhirnya Tama mengajak penumpang wanita tersebut bertemu di suatu tempat yang aman untuk klarifikasi. Sebelum diserahkan uangnya kembali, Tama memberikan sejumlah pertanyaan kepada penumpang tersebut untuk memastikan uang itu miliknya.

"Saya tanya dulu, ini barang isinya apa, lalu dia jawab uang. Setelah itu saya tanya lagi berapa nominalnya, lalu dia sebutkan dengan benar. Yaudah saya serahkan kembali duitnya dan saya suruh hitung kembali, agar memastikan jika saya tidak mengambil sama sekali uang miliknya," ungkap Tama.

Sampai sekarang, Tama pun tidak mengetahui siapa nama penumpang tersebut karena dia sama sekali tidak menyebutkannya. Bahkan, untuk meminta foto bersama sebagai bukti pun wanita tersebut enggan melakukannya.

"Mbak ini nggak mau disebutkan nama ataupun nomor telepon, padahal ini dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi apa-apa. Dia pun juga nggak mempermasalahkan hal itu. Lalu akhirnya saya foto aja duitnya sebagai bukti yang kuat," pungkas Tama.

Sampai saat ini, cuitan Twitter milik Tama sudah mendapat banyak tanggapan dari netizen. Kini tweetnya sudah mendapat Retweet sebanyak 6,6 ribu kali dan tombol like sebanyak 39 ribu.



Simak Video "11 tahun Menginspirasi, Gojek Berikan Apresiasi Pada Mitra Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)