Mau Melapor Jalanan Berlubang dan Rusak, Kini Bisa Pakai Aplikasi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 26 Jun 2021 08:01 WIB
Jl Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor berlubang, padahal jalan tersebut dekat dengan Kantor Pemkab Bogor.
Ilustrasi jlanan berlubang Foto: Afzal Nur Iman
Jakarta -

Sebagai pengendara, kamu pasti akan kesal dengan kondisi jalan yang dilewati rusak hingga berlubang. Selain membuat berkendara tidak nyaman, hal ini tentu sangat berbahaya. Namun belakangan ini, hadir sebuah aplikasi baru yang bisa melaporkan kondisi jalan rusak secara langsung.

Namanya adalah BucApp, aplikasi ini berfungsi untuk melaporkan kondisi jalan rusak dan berlubang secara langsung. Nantinya laporan akan diterima oleh pihak pengembang aplikasi dan dikirim ke pemerintah setempat.

Dikutip dari Visordown, aplikasi ini dibentuk oleh AIACE yang merupakan asosiasi untuk bantuan konsumen di kawasan Eropa. Mereka sengaja mengembangkan aplikasi ini guna membantu sejumlah pengendara yang ingin melaporkan kondisi jalan berlubang atau rusak, namun tak tahu harus melaporkannya ke mana.

Cara kerjanya cukup mudah, pertama download terlebih dahulu aplikasi BucApp di smartphone. Setelah itu cari kondisi jalan yang rusak atau berlubang, kemudian ambil beberapa foto yang jelas agar terlihat kondisi jalan tersebut.

Setelah itu pengguna bisa memasukan sejumlah catatan di dalam laporan tersebut. Aplikasi BucApp akan memindai lewat GPS untuk memastikan lokasi jalan yang rusak sesuai dengan laporan. Setelah itu pengguna tinggal klik kirim dan selesai, mudah bukan?

Kerusakan Jl Tegar Beriman di Kabupaten Bogor, 29 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Ilustrasi Kerusakan Jl Tegar Beriman di Kabupaten Bogor, 29 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom) Foto: Kerusakan Jl Tegar Beriman di Kabupaten Bogor, 29 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Nantinya pihak BucApp akan menerima laporan dari sejumlah pengguna dan meninjau terlebih dahulu. Baru setelah itu laporan akan diteruskan ke pemerintah daerah setempat untuk segera ditanggapi lebih lanjut.

Lebih hebatnya lagi, aplikasi ini gratis dan tidak perlu memungut biaya sama sekali. Tapi sayangnya, aplikasi ini baru ada di Italia dan ke depannya akan mulai diuji coba di negara Inggris.

Hadirnya aplikasi ini patut dicontoh untuk negara lain dan salah satunya Indonesia. Soalnya masih sering dijumpai jalanan rusak dan berlubang di ruas Ibu Kota Jakarta. Terkadang untuk bisa diperbaiki butuh waktu yang cukup lama atau tidak sedikit dibiarkan begitu saja.

Tentu akan sangat bagus jika ke depannya aplikasi semacam BucApp ini hadir di Indonesia. Sehingga pengguna jalan bisa melaporkan kondisi jalan rusak secara langsung. Hal ini juga sangat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan menyebabkan korban jiwa.



Simak Video "Protes Masalah Drainase, Warga Tasikmalaya Tabur Ikan di Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)