Nggak Ada Jalanan Aspal, Pemuda Ini Gotong Motor 8 Km

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 10 Jun 2021 13:34 WIB
Pemuda Gotong Motor karena Tak Ada Jalanan Aspal
Pemuda Gotong Motor karena Tak Ada Jalanan Aspal. Foto: Cartoq
Jakarta -

Penyediaan infrastruktur sejatinya menjadi program pemerintah untuk memudahkan masyarakatnya. Tapi, masih banyak daerah yang belum tersentuh infrastruktur jalan.

Kali ini bukan terjadi di Indonesia. Beberapa pemuda di India menggotong sepeda motor sambil jalan kaki karena tidak ada fasilitas jalan aspal. Peristiwa ini terjadi di Uttarakhand, India. Sebuah video menampilkan beberapa pemuda menggotong motor matik Yamaha Ray-Z di pundak mereka.

Dilansir Cartoq, pemuda itu dilaporkan menggotong skuter di pundak mereka sejauh 8 km. Jalan aspal berakhir di Pancheshwar. Dari sana, para pemuda berjalan kaki di jalan Kitar-Haldu-Pancheshwar dengan menggotong skuter. Mereka menggotong motor sambil jalan kaki menuju desanya.

Dalam video yang viral terlihat beberapa pemuda saling membantu menggotong sepeda motor itu. Motor diikat dengan bambu dan para pemuda tersebut menggotongnya.

Tampak pula jalanan di sana sulit untuk dilalui sepeda motor. Jalannya menanjak dan penuh dengan tanah dan bebatuan. Tak heran mereka memutuskan untuk menggotong motornya.

Tentunya beban Yamaha Ray-Z yang digotong tidak ringan. Berdasarkan data spesifikasi, berat kosong Yamaha Ray-Z mencapai 104 Kg. Motor ini menggendong mesin 113 cc pendingin udara 4 tak SOHC 2 katup dengan tenaga 7,2 PS dan torsi maksimal 8,1 Nm. Sebagai motor skutik, Yamaha Ray-Z yang digotong pemuda karena tak ada jalanan aspal tersebut menggunakan transmisi otomatis CVT.

Sementara itu, Pemerintah India juga tengah gencar memaksimalkan infrastruktur jalan raya di negaranya. Berdasarkan data resmi National Highway Authority of India (NHAI), sepanjang 1.470 km jalan raya telah ditambahkan selama periode lockdown pada April dan Mei lalu. Kementerian Transportasi dan Jalan Raya mengungkapkan pembangunan jalan raya di negeri itu meningkat 73,5% dibanding tahun sebelumnya.



Simak Video "Deretan Proyek Infrastruktur Jokowi yang Mandek Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)