Rabu, 20 Nov 2019 19:59 WIB

Malu! Pelanggaran Lalu Lintas Jadi Contoh Buruk Bagi Anak dan Cucu

M Luthfi Andika - detikOto
Transjakarta Foto: Instagram Transjakarta Foto: Instagram
Jakarta - Sudah seharusnya para pelanggar lalu lintas merasa malu, saat melakukan pelanggaran di jalanan. Karena sikap melanggar lalu lintas bisa menjadi tontonan banyak orang, bahkan bisa menjadi contoh buruk bagi anak dan cucu.

Seperti yang disampaikan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu. Jusri menegaskan seharusnya pelanggaran lalu lintas di jalanan tidak dilakukan.



"Ini perilaku cerminan dari pada masyarakat kita (masih suka melanggar aturan di jalanan-Red). Kalau anda melihat budaya kita lihat cara berlalu lintas di jalan raya," ujar Jusri.

Jusri mengatakan pengendara yang buruk bisa menjadi contoh yang tidak baik untuk generasi penerus.

"Kalau dari kaca mata safety ini perilaku yang tidak aman. yang harusnya tidak kita lakukan. Dan ini akan dilakukan anak-anak kita, nanti akan ditiru. Selain itu melanggar aturan lalu lintas ini tidak bermoral, dan akhirnya anak-anak di bawah umur melihat ini akan menjadikan situasi ini jadi pelajaran untuk mereka nanti," kata Jusri.



"Kalau di luar negeri ini (para pelanggar lalu lintas-Red) sudah masuk sel (penjara-Red) semua. Karena ini yang melakukan pelanggaran secara massal ini petugas yang bisa di demo (karena tidak terima kalau ditilang," katannya.

"Pemerintah sudah berusaha menegakkan hukum, selain itu banyak yang meninggal karena pelanggaran lalu lintas, ada yang sudah dihukum (tilang-Red), tapi ini tidak menjadi contoh juga bagi mereka (para pelanggar lalu lintas-Red). Kalau sopir Transjakarta tidak mundur ini sudah hancur. Saya sedikit kecewa sekali, pengendara tidak pernah belajar dari contoh yang ada. Apakah harus mereka menjadi korban kakinya patah, dan lain-lain terlebih dahulu baru mereka kapok. saya sangat perihatin," ujar jusri.

Simak Video "Bersih-bersih Halte Transjakarta dari Aksi Vandalisme"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com