Rabu, 13 Nov 2019 20:25 WIB

Aksi Lawan Arus Biker R15, Bukan Karena Motornya Bergaya Sport

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Screenshot Twitter Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Jenis pelanggaran lalu lintas yang masih jadi kebiasaan ialah melawan arus. Salah satu yang terekam dalam video adalah pemotor R15 yang terjadi di wilayah Palmerah, Jakarta Barat.

Pemotor tersebut menggunakan motor sport berkapasitas 150 cc, kendati berada di posisi yang salah dan sempat ditahan dua pemotor lainnya. Namun biker R15 ini tidak mau mengalah dan terlihat tidak terima ditegur, hingga akhirnya dua pemotor tersebut lebih memberi jalan.


Apakah sikap arogansi biker R15 seperti di atas lahir karena merasa lebih sebab menggunakan motor sport fairing yang ia gunakan?

Menjawab pertanyaan tersebut, Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto mengatakan sejatinya perilaku arogansi tidak didasari merek motor yang digunakan. Namun karena teknik dan kesadaran perilaku berkendara yang kurang baik.


"Rasanya bukan karena tipe motornya ya," kata Andry melalui pesan singkat, Rabu (13/11/2019).

Andry mengatakan faktor terbesar lainnya ialah kebiasaan melawan arah kerap dianggap jadi hal lumrah meskipun itu sangat melanggar lalu lintas, meski berbahaya bagi pengendara itu sendiri maupun orang lain.

"Bisa jadi karena faktor lingkungan yang membiasakan adanya perilaku salah seperti lawan arah. Sialnya dia (biker R15) pas terjebak disana dan ada yg merekam. Perrilaku nya jelas melanggar jika benar yg terjadi adalah aksi lawan arah lalu lintas," kata Andry.

Simak Video "Pengendara Motor Bercelana Loreng Masuk Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com