Rabu, 13 Nov 2019 19:10 WIB

Bikers R15 Lawan Arus Ditegur Marah, Terlanjur Malu Gertak Sambal

Ridwan Arifin - detikOto
Bikers R15 melawan arus Foto: Screenshot Twitter Bikers R15 melawan arus Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pengguna jalan menjadi tanggung jawab bersama. Sayangnya aturan serta rambu lalu lintas yang sudah terpasang masih dianggap sebagai pajangan saja.

Seperti yang dilakukan Pengendara motor yang satu ini misalnya. Ia tampak tak menghiraukan keselamatan dirinya maupun penumpang yang diboncengnya.


Seorang pengendara motor R15 kesal karena jalannya di halangi oleh pemotor. Namun posisinya, pengendara R15 sedang melawan arah.

Bukannya mengalah, pengendara R15 yang melawan arah ini malah ngotot dan tidak mau disalahkan saat ditegur. Bahkan sempat membuka helmnya.

Menurut Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto perilaku melawan arus jelas bukan menjadi contoh yang patut ditiru pengguna jalan lain. Perihal tetap mempertahankan posisinya, serta menghiraukan pengendara lain, besar kemungkinan pelaku pelanggaran itu sudah merasa malu.


"Kadung malu, pelampiasannya ya langsung gertak sambal saja seperti mencari ribut. Tipikal tidak mau merasa di pihak yang kalah. Bukan untuk dicontoh," kata Andry kepada detikcom, Rabu (13/11/2019).

Dua pemotor yang berada di jalur yang benar akhirnya mengalah untuk memberi jalan tersebut. Kendati demikian detikers, aksi biker R15 ini tidak patut ditiru ya. Sebab merupakan pelanggaran. Pengendara yang hobi melawan arus seperti ini dianggap tak mematuhi rambu lalu lintas dan akan dikenakan UU no.22 tahun 2009 pasal 287 ayat (1) pidana kurungan 2 bulan denda paling banyak Rp 500.000.

"Perilaku nya jelas melanggar jika benar yang terjadi adalah aksi lawan arah lalu lintas ya. Karena kronologis atau video lengkapnya belum ada," ungkap Andry.

Simak Video "Biker R15 Ini Lawan Arah, Ditegur Marah-marah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com