Rabu, 12 Des 2018 18:16 WIB

Yang Harus Dilakukan Pengendara Saat Lihat Motor Masuk Tol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Sepertinya sudah sering sekali kasus pemotor nyasar ke jalan tol. Tentu hal ini sangat berbahaya karena jalan tol sejatinya bukan untuk dilewati sepeda motor.

Kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang boleh masuk jalan tol biasanya memacu kendaraan cukup tinggi. Hal itulah yang berisiko untuk pengendara sepeda motor.

Melihat pemotor nyasar ke jalan tol, apa yang harus dilakukan pengendara? Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan hal pertama pastikan memberi tahu kepada pemotor itu.



"Pastikan pengendara lain memberitahukan tanpa membuat yang melanggar terganggu baik keseimbangan motornya maupun terpancing emosinya karena takut dan lain-lain," kata Sony kepada detikOto, Rabu (12/12/2018).

Sony menegaskan, hindari kontak kendaraan seperti upaya menghalang-halangi dan sebagainya. Jangan sampai memberi peringatan kepada pemotor yang nyasar ke jalan tol malah memancing emosi yang ujung-ujungnya adu jotos, atau malah membuat pemotor itu kehilangan kendali sampai terjatuh.

"Pengendara lain bertugas hanya sebatas mengimbau atau memberitahukan pelanggar, yang menindak haknya Polisi. Karena polisi sudah terlatih bagaimana menangani dan menghadapi kejadian tersebut," kata Sony.



Di Sidoarjo ada seorang pengendara motor yang melakukan aksi nekat di jalan tol. Aksi pengendara motor itu terekam oleh pengguna kendaraan roda 4. Dia hanya mengenakan kaos berwarna putih tanpa jaket, juga tidak memakai helm. Pemotor beberapa kali diminta untuk berhenti melajukan kendaraannya, namun sepertinya si pemotor cuek saja.

Sony menilai pemotor yang masuk tol dan melawan arah itu termasuk nekat. Maka itu, pengendara sebaiknya menjauhi pemotor yang nekat seperti di video.

"Polisi tunggu saja di mulut jalan tol untuk menindak, atau pada area yang aman. Semakin dicegat, semakin dikejar, maka rider tersebut semakin kalut dan nekat," katanya.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com