Minggu, 09 Des 2018 15:13 WIB

Pemotor di Belitung Jarang Cabut Kunci Ketika Parkir

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Billy Triantoro
Belitung - Mengunci kendaraan adalah salah satu upaya untuk mencegah pencurian. Jadi sangat wajar bila pengendara meninggalkan tunggangannya dengan keadaan terkunci. Namun rupanya hal ini tak berlaku di Belitung, lho.

Pemotor di Belitung Jarang Cabut Kunci Ketika ParkirFoto: Billy Triantoro


Ketika detikcom melaksanakan outing ke Belitung dari Kamis (6/12) sampai Sabtu (8/12), ada banyak hal baru yang ditemui. Mulai dari budaya, makanan tradisional, pemandangan yang serba hijau dan banyak ragam pantai, hingga prilaku pengendara sepeda motor.



Satu di antaranya ialah mereka jarang mencabut kunci dari motor ketika kendaraan sedang diparkir. Kejadian tersebut diabadikan salah satu jurnalis detikcom, Billy Triantoro, kala rombongan sedang melepas lelah di salah satu tempat wisata Belitung.



Ada berbagai alasan hal itu terjadi sebagaimana dijelaskan salah satu driver asli Belitung yang menemani detikOto selama perjalanan tiga hari tersebut. "Supaya tidak lupa mungkin, Mas," katanya.

Pemotor di Belitung Jarang Cabut Kunci Ketika ParkirFoto: Billy Triantoro


Selain itu, kedekatan antar-sesama warga pun jadi alasan tersendiri. Namun memang hal ini tidak bisa selalu Otolovers tiru, ya. Sebab kriminalitas tidak dapat dihindari, hanya bisa diantisipasi dengan cara mencegahnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com