Rabu, 26 Nov 2014 12:53 WIB

Seniman Ini Bikin Motor Skuter Kayu

- detikOto
Dok. Istimewa
Jakarta -

Anas Rosyid, salah satu alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini sangat inovatif, Ia telah membuat sepeda motor dengan rangka kayu. Hmm, tidak semua orang bisa melakukannya nih Otolovers.

Motor kayu ini memang sengaja dibuat untuk menamatkan, studi Kriya Kayu di Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ dengan menggabungkan hobinya di dunia otomotif.

Menurut Anas, pembuatan motor kayu itu terinspirasi dari kesenangannya dengan skuter. Pria yang hobi dengan motor sejenis Vespa itu akhirnya merombak skuter CPI Hussar bermesin 2 tak.

"Karena saya hobi sama skuter jadi pengin buat skuter dari kayu," kata Anas saat dihubungi detikOtoa.

Anas melanjutkan, tampilan motor kayu buatannya ini merupakan gabungan dari beberapa desain skuter jadul. Ia menggabungkan desain skuter dari tahun 1901 sampai 1940.

"Skuter dari tahun 1901 banyak desain yang lucu. Ngambil yang unik-unik dari skuter 1901 sampai 1940," katanya

Perupa kelahiran 11 Maret 1991 ini mencomot beberapa bagian dari motor CPI Hussar. Mesin matik 2 tak berkapasitas 100 cc itu diambil untuk memberikan tenaga pada motor kayunya.

"Ngambil mesin, pelek depan belakang, fork sama shock braker. Sisanya improve sendiri," ujar Anas.

Sementara itu, jenis kayu yang digunakan Anas adalah kayu nyatoh dan kayu pinus. Kayu nyatoh diterapkan untuk kerangkanya. Sebab, kata Anas, kayu itu dianggap kuat. Sementara kayu pinus digunakan di beberapa bagian yang tidak mengangkut beban berat.

"Yang enggak terlalu butuh bobot yang gede pakai pinus," tuturnya.

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com