ADVERTISEMENT

Hati-hati! Masih Ada Aja Nih, Modus Kejahatan ala 'Ban Kempis' di Jalanan

Tim detikOto - detikOto
Senin, 12 Sep 2022 17:13 WIB
Modus rampok baru, tutup pentil diganjal batu agar ban kempes.
Ilustrasi kejahatan modus ban kempis Foto: Pool (Media sosial-kejahatan di jalanan)
Jakarta -

Detikers yang kerap berkendara sendiri harus terus waspada dan lebih hati-hati saat berkendara ya. Karena selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalanan, waspada dalam berkendara juga bisa terhindar dari kejahatan di jalanan.

Seperti yang tengah ramai di media sosial (Medsos) yang diunggah akun medsos infodepok_id dan info_jabodetabek, yang menunjukkan masih banyak kejahatan di jalanan, bahkan menggunakan modus lawas ban kempis dan ini terjadi di pinggiran Ibu Kota Jakarta.

"Buat pengalaman hati-hati berkendara di jalan kalau sendirian. Lokasi di Jalan Alternatif Cibubur, Pertigaan Cikeas, Kab. Bogor. Buat teman-teman hati-hati dalam berkendara di jalan, Modus info pecah ban yang terjadi dengan suami saya kemarin Simon Sun, waspadalah dan konsentrasi," tulis dalam akun tersebut.

Dijelaskan di dalamnya kejadian kejahatan ini terjadi pada hari Senin, 5 September 2022 kala itu, istri si korban menceritakan korban atau suami-nya berencana pergi ke Jakarta pukul 07.30, sampai di pertigaan Cikeas, dari arah kiri ada pengendara motor helm merah memberi info mengenai ban kempes atau pecah ban intinya masalah ban. Lalu si suami dengan kerterbatasan modus kejahatan-kejahatan yang terjadi menepi di depan Toko Bangunan.

[Gambas:Instagram]



"Lalu suami saya mengecek ban kanan belakang dan dihampiri dua orang pengendara motor yang berboncengan komplotan helm merah tadi, yang satu mengecoh menunjuk-nunjuk ban yang satu melipir ke arah samping kiri membuka pintu depan dan mengambil tas yang ada di depan," penjelasannya.

"Dan komplotan lain helm merah dan ijo-item menunggu di depan kira-kira jarak 100 meter dari lokasi kejadian," istri korban menambahkan ceritanya.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, untuk menghindari hal seperti itu. Ada beberapa tips yang disampaikan kepolisian. Berikut tipsnya:

1. Jangan menyimpan barang berharga seperti laptop, tas berisi dompet dan lainnya di atas jok yang mengundang perhatian pelaku.
2. Jangan langsung percaya dan memberhentikan mobil jika ada pengendara motor atau kendaraan lain memberitahu ban mobil anda kempis.
3. Tetap waspada dan jalan terus sekalipun pengendara motor mengetuk kaca mobil anda berkali-kali.
4. Cari tempat yang ramai untuk memberhentikan kendaraan dan memeriksa ban mobil anda, usahakan untuk menggantinya di kantor polisi atau bengkel terdekat.
5. Saat turun dari kendaraan dan akan memeriksa ban mobil, kunci semua pintu kendaraan.
6. Saat turun dari mobil, tas dan barang-barang berharga lain di dalam mobil di taruh di tempat yang tidak terjangkau dari luar, (jika pelaku nekat memecah kaca mobil).



Simak Video "Simak! Berikut Lokasi 'Haram' untuk Parkir Kendaraan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT