Honda CR-V Lalu Porsche, 2 Kecelakaan di Tol Berujung Terbakar dalam Sepekan

ADVERTISEMENT

Honda CR-V Lalu Porsche, 2 Kecelakaan di Tol Berujung Terbakar dalam Sepekan

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 26 Agu 2022 20:34 WIB
Mobil CR-V Prestige tabrakan hingga terbakar di Tol Tangerang
Mobil Honda CR-V Prestige tabrakan hingga terbakar di Tol Tangerang (Foto: dok. Polisi)
Jakarta -

Dalam kurun sepekan ini telah terjadi dua kecelakaan di jalan tol yang berakibat fatal. Dua kecelakaan ini sama-sama bikin mobil terbakar, hingga sang pengendara meninggal dunia.

Kecelakaan pertama menimpa pengendara Honda CR-V Prestige. Mobil SUV premium Honda tersebut terbakar habis di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Insiden terbakarnya mobil CR-V Prestige ini menewaskan sopirnya.

Kepala Induk PJR Tol Bitung AKP Suwito mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (21/8) sekitar pukul 03.00 WIB, tepatnya di Km 17.050 B. Suwito mengatakan mobil terbakar sesaat setelah menabrak mobil yang ada di depannya.

Mobil CR-V Prestige tabrakan hingga terbakar di Tol TangerangMobil CR-V Prestige tabrakan hingga terbakar di Tol Tangerang Foto: Mobil CR-V Prestige tabrakan hingga terbakar di Tol Tangerang (Foto: dok. Polisi)

"Penyebab terbakar menabrak kendaraan di depannya yang tidak diketahui identitasnya hingga kendaraan tersebut terbakar," kata Suwito (22/8/2022) dikutip dari detikNews.

Suwito menjelaskan mobil yang terbakar adalah Honda CR-V Prestige bernopol B-177-RIN melaju dari arah Tangerang menuju Jakarta. Pengemudi mobil tersebut tewas karena tidak bisa menyelamatkan diri dari mobilnya yang terbakar.

Suwito menambahkan identitas pengemudi mobil tersebut tak diketahui. Hal ini disebabkan identitasnya ikut terbakar. "Pengemudi meninggal di TKP, tak ada penumpang lain. Identitas tidak ditemukan atau ikut terbakar," tambahnya.

Suwito mengungkapkan, usai menabrak kendaraan di depannya, mobil Honda mengalami korsleting kelistrikan. Akibatnya, mobil tersebut hangus terbakar tinggal rangka. "Akibat benturan/menabrak kendaraan di depannya lanjut terjadi korsleting dan terbakar," jelasnya.

Sedan Porsche menabrak truk di KM 42.800 Tol Jagorawi arah Bogor hingga terbakar dan mengakibatkan pengemudi tewas.Sedan Porsche menabrak truk di KM 42.800 Tol Jagorawi arah Bogor hingga terbakar dan mengakibatkan pengemudi tewas. Foto: Muchamad Sholihin/detikcom

Kecelakaan kedua menimpa sebuah mobil mewah Porsche Cayenne. Sedan sport tersebut terbakar hebat usai menabrak truk di Tol Jagorawi, pada Kamis (25/8/2022). Pengemudi Porsche dilaporkan tewas. Polisi menduga sopir Porsche kurang konsentrasi hingga terjadi kecelakaan.

"Kendaraan yang terbakar diduga saat dari kendaraan melaju dari arah Jakarta menuju Ciawi, kendaraan tersebut tidak konsentrasi sehingga menabrak bagian belakang truk Fuso sehingga menyebabkan kecelakaan dan kebakaran. Korban jiwa diidentifikasi satu orang," kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Ipda Angga Nugraha, dikutip dari detikNews, Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, kecelakaan terjadi ketika truk Fuso yang dikendarai Maman (50) tengah dalam perjalanan menuju Sukabumi untuk membawa pakan ternak. Dari arah belakang, datang Porsche dengan kecepatan tinggi hingga akhirnya menabrak truk dan terbakar.

"Untuk kronologis kecelakaan hari ini, kendaraan melaju dari arah Jakarta menuju Ciawi di KM 42.800, kendaraan Porsche diduga dengan kecepatan tinggi diduga menabrak belakang truk tronton sehingga terjadi kecelakaan. Setelah itu timbul percikan api pada mobil Porsche sehingga terjadi kebakaran. Korban jiwa diduga satu orang, pengemudi Porsche," ujarnya.

Kenapa Kecelakaan Mobil Bisa Berujung Kebakaran?

Adapun mobil bisa terbakar karena kecelakaan. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat mobil terbakar usai terkibat dalam kecelakaan.

"Kebakaran saat kecelakaan bisa dipicu adanya gesekan metal besi dengan besi pada body kendaraan, korslet kabel listrik yang terkelupas atau akibat listrik pada accu," terang Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana kepada detikcom, Jumat (26/8/2022).

Banyak faktor. Jadi memang kita tidak bisa memilih-milih jenis kecelakaan," lanjut dia.



Simak Video "Kejutan! Honda CR-V Generasi Keenam Sudah Didaftarkan di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT