Jalan Ini Bagai Mimpi Buruk Bagi yang Mabuk Perjalanan

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 24 Mei 2022 14:44 WIB
Jalan berliku bikin mabuk perjalanan
Jalan berliku Foto: Screenshot @JodiAutos
Jakarta -

Jalan yang dibangun di Pamir Plateau, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, China Barat ini bagai mimpi buruk bagi yang punya mabuk perjalanan darat.

Dikutip dari Odditycentral, Selasa (24/5/2022) jalan itu adalah Pamir Plateau Skay atau Jalan Kuno Panlong. Dijuluki sebagai "Jalan Langit di Dataran Tinggi" oleh penduduk setempat, jalanan ini bak mimpi buruk buat yang punya mabuk perjalanan, sebab ada ratusan belokan.

Ini juga menjadi alah satu jalan yang paling mengesankan secara visual di dunia. Dilihat dari atas, tampak seperti naga abu-abu raksasa yang merayap melalui wilayah Kashgar di Daerah Otonomi Uygur di Cina.

Titik tertinggi jalan Pamir Plateau Sky Road berada di angka 4.269 meter di atas permukaan laut lebih. Awalnya, jarak lintasannya hanya 36 kilometer, namun kini memiliki panjang hingga 75 kilometer.

Jalan ini secara resmi dibuka pada Juli 2019 untuk memfasilitasi perjalanan melalui Pegunungan Kunlun bagi para petani di kawasan tersebut. Selain itu, kawasan ini menjadi daya tarik wisata bagi penggemar mengemudi yang ingin menguji keterampilan mereka, dengan kira-kira terdapat 600 tikungan tajam.

Jalan yang berkelok ini lebih sulit untuk dilewati saat kondisi basah atau tertutup salju. Bahkan dalam kondisi kering, diperlukan kehati-hatian yang ekstra.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)