Duh! Toyota Calya Overload, Isi 9 Orang Tabrak Truk Tronton Parkir

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 18 Apr 2022 21:16 WIB
Kecelakaan maut menyebabkan 5 korban meninggal di Tuban
Calya berisi 9 penumpang tampak ringsek usai menabrak truk tronton parkir. Foto: Istimewa Satlantas Polres Tuban
Jakarta -

Toyota Calya berkelir hitam tampak dalam kondisi ringsek usai menabrak sebuah truk yang sedang parkir di Jalan Tuban-Bancar KM 16-17 Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Mengutip detikJatim, Toyota Calya yang dikemudikan Muhammad Imron dari Rembang menuju Tuban tiba-tiba menabrak truk tronton. Kap mobil Calya bahkan masuk ke bawah bak truk.

Truk tronton tersebut memang diketahui tengah berhenti di sisi kiri bahu jalan. Akibat dari kejadian tersebut, mobil Low Cost Green Car (LCGC) tersebut tampak hancur di bagian depan hingga tengah.

Kecelakaan Calya Truk TubanCalya tampak hancur menabrak truk yang sedang parkir. Foto: Ainur Rofiq

Sedangkan pintu belakang masih terlihat utuh. Adapun diketahui Toyota Calya itu memuat 9 orang penumpang di dalamnya. Padahal sejatinya LCGC 7-seater maksimal diisi oleh tujuh orang penumpang di dalamnya.

Tiga penumpang Calya tewas di tempat. Kemudian dua penumpang lainnya juga meregang nyawa di rumah sakit setelah mengalami luka berat. Total ada lima penumpang tewas dari kecelakaan itu.

Mengisi kendaraan dengan kapasitas melebihi muatan seharusnya memang membahayakan. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyebut, overload membuat mobil sulit untuk dikontrol. Alhasil, pengendara jadi mudah kehilangan kendali.

"Overload berakibat kendaraan susah dikontrol karena kerja dari suspensi jadi berat sementara ada keterbatasan kemampuan," ungkap Sony saat dihubungi detikOto, Senin (18/4/2022).

Sony lebih lanjut menjelaskan ketika kendaraan itu melebihi muatan, maka komponen satu dan lainnya tidak bisa saling mendukung. Dengan begitu pengendara makin sulit untuk mengendalikan keseimbangkan. Sony juga menyarankan agar mobil tidak diisi melebihi muatan yang dianjurkan. Tak lupa penumpang juga wajib menggunakan seat belt sekalipun duduk di kursi belakang.

"Untuk mencari tau berapa kapasitas penumpang pada setiap mobil itu mudah, lihat aja jumlah safety beltnya," kata Sony.



Simak Video "Hindari Lubang di Jalur Pansela Kulon Progo, Mobil Sarat Penumpang Terguling"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)