ADVERTISEMENT

3 Pria Duduk di Bagasi Suzuki Ertiga dengan Pintu Bagasi Terbuka, Ini Bahayanya

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 16 Mar 2022 09:46 WIB
3 pria terlihat duduk di bagasi Suzuki Ertiga dengan pintu terbuka
Naik mobil di bagasi Ertiga dengan pintu terbuka (Screenshot Twitter Jowoshitpost)
Jakarta -

Mobil seharusnya digunakan sesuai dengan fungsinya. Begitu pula dengan para penumpang yang sebaiknya duduk di tempat yang sudah disediakan. Tak lupa menggunakan sabuk pengaman sekalipun duduk di baris paling belakang.

Tapi kelakuan pengendara satu ini justru mencuri perhatian. Tampak dalam video yang viral di sosial media, Suzuki Ertiga terlihat diisi penuh bahkan penumpang di bagasi duduk dengan posisi pintu terbuka.



Dalam video yang diunggah akun Twitter jowoshitpost, tampak tiga orang pria yang duduk di bagasi itu tak menunjukkan rasa takut akan jatuh. Salah satu diantaranya masih bisa tertawa sembari membenarkan sarung dan melepas tangannya. Sesudahnya ia kembali berpegangan tangan ke bagian atas mobil.

Kemudian dua pria lainnya yang duduk di samping juga tampak memegang ke pintu tepatnya dekat dengan lampu. Kejadian ini tak pelak mendapat ragam komentar dari warganet.

"Pick up gulung tikar bentar lagi nih," ungkap seorang warganet membalas postingan tersebut.

"Muat nggak muat yang penting berangkat," tulis warganet lainnya.

Sekilas mungkin kejadian itu tampak lucu. Tapi perlu diingat ada bahaya yang mengintai. Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana ketika mobil tengah berjalan, tidak boleh ada satupun anggota badan yang keluar dari kendaraan.

"Kentika kendaraan berjalan ada gaya bouncing, pitching yang bekerja. Sehingga pintu yang terbuka ke atas atau ke bawah dapat membahayakan kalau tidak terkunci," ungkap Sony kepada detikcom saat dihubungi, Selasa (15/3/2022).

3 pria terlihat duduk di bagasi Suzuki Ertiga dengan pintu terbuka3 pria terlihat duduk di bagasi Suzuki Ertiga dengan pintu terbuka Foto: Screenshot Twitter Jowoshitpost

Menurut Sony, kejadian seperti itu masih bisa berpotensi terulang. Pasalnya tidak semua masyarakat memahami bahaya yang ditimbulkan ketika berkendara tak sesuai prosedur.

"Penindakan hukum lemah dan pengetahuan masyarakat akan bahaya masih rendah," pungkas Sony.



Simak Video "Mulai Rp 200 Jutaan, Segini Harga Suzuki Ertiga dan XL7 Setelah Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT