Permisi....Jalan Tol di Jepang Ini Menembus Gedung Bertingkat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 21:04 WIB
Jakarta -

Bisa dibilang ini merupakan jalan tol paling unik dan aneh di dunia. Jalan tol di Jepang ini menerobos masuk ke dalam gedung lalu ke luar di sisi lain.

Dikutip dari Atlas Obscura, jalan tol yang melewati gedung bertingkat tersebut bernama Hanshin Expressway. Jalan tol yang total memiliki panjang 240 km ini menghubungkan Kota Osaka, Kobe, dan Kyoto.

Hanshin Expressway sebenarnya sama saja dengan kebanyakan jalan tol lain di Jepang, atau di negara-negara lain. Yang membedakan dan membuatnya spesial adalah ketika jalan ini masuk ke Kota Osaka.

Pada salah satu bagian terdapat satu jalur tol yang menerobos masuk ke dalam gedung. Gedung tersebut bernama Gate Tower Building, sebuah bangunan perkantoran yang terdiri dari 16 lantai.

Hanshin Expressway bukan saja sekadar menerobos masuk, melainkan menembus gedung tersebut. Atau kalau bisa dikatakan, Hanshin Expressway masuk ke dalam terowongan yang sebenarnya adalah sebuah gedung.

Gate Tower BuildinGate Tower Buildin Foto: YouTube/ WAO RYU! ONLY in JAPAN

Untuk bisa dilewati Hanshin Expressway, Gate Tower Building mengorbankan tiga lantainya dibolongi sehingga ruas jalan bisa dibuat dan pada akhirnya kendaraan bisa melintas. Lantai yang digunakan sebagai jalan adalah lantai lima, enam, dan tujuh.

[Halaman Selanjutnya: Kisah dan Sejarah Hanshin Expressway Menembus Gate Tower Building]