'Starter Pack' Aksesoris Mobil Orang Indonesia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 21 Jul 2021 07:51 WIB
Car video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from driving
Dashcam jadi salah satu aksesori mobil yang makin banyak dipakai orang Indonesia belakangan ini (istock)
Jakarta -

Hadirnya aksesoris tambahan di dalam mobil bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Aksesoris mobil tersebut biasanya dipasang untuk di dalam mobil hingga di bagian luar. Berikut ini daftar aksesoris yang jadi 'standar' pemilik mobil di Indonesia.

Sejumlah pemilik kendaraan masih gemar memberikan sentuhan aksesoris. Namun yang perlu jadi perhatian, aksesoris tersebut jangan sampai merusak komponen mobil. Alhasil, mobil bukan bertambah semakin keren malah harus diperbaiki.

Seiring perkembangan industri otomotif, tren aksesoris mobil turut mengalami perubahan dan menyesuaikan dengan keluaran mobil terbaru. Dikutip dari laman Daihatsu, berikut ini sejumlah aksesoris yang banyak digunakan oleh pemilik mobil.

1. Phone Holder

Perangkat yang satu ini semakin banyak digunakan oleh pemilik kendaraan roda empat. Awalnya, phone holder sering dijumpai oleh sopir taksi online untuk mempermudah saat menggunakan handphone.

Namun kini, sudah banyak pemilik mobil yang memasangkan phone holder di dashboard. Untuk harganya sangat bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu sudah tersedia di sejumlah toko online. Oh iya, harga ini juga tergantung dari jenis bahan dan kualitasnya ya.

Delivery woman driving delivery vehicle loaded with products from organic farm. Everything is fresh and ready for distribution. She is using mobile phone to locate customerPhone holder nyaris bisa ditemui di banyak mobil di Indonesia Foto: Getty Images/svetikd

2. Air Purifier

Di saat masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, aksesoris yang satu ini perlu kamu pasang di dalam mobil kesayangan. Soalnya, kualitas udara di dalam kabin dapat menentukan kenyamanan sekaligus menjaga kesehatan penumpang.

Hadirnya Air Purifier dapat mengubah udara ruangan yang kotor menjadi lebih bersih dengan cara menghisap, lalu menyaring udara di dalam ruangan tersebut. Alat ini sudah dilengkapi dengan kipas dan filter penyaring udara khusus.

Soal harga cukup variatif, sejumlah toko online menjual dari harga Rp 100 ribu hingga mencapai Rp 1 jutaan.

Penyedia jasa transportasi online Gojek melengkapi 8.000 unit kendaraan mitra driver GoCar di Jabodetabek dengan air purifier untuk kesehatan selama masa pandemi.Penyedia jasa transportasi online Gojek melengkapi 8.000 unit kendaraan mitra driver GoCar di Jabodetabek dengan air purifier untuk kesehatan selama masa pandemi. Foto: Dok. Gojek

3. Layar Monitor

Aksesoris mobil yang satu ini biasanya diletakan pada bagian belakang head rest jok depan. Biasanya, pemilik mobil memasang layar untuk menambah hiburan saat perjalanan jauh.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, layar monitor ini cocok dipasang di dalam mobil untuk memberikan hiburan bagi sang buah hati. Mereka akan lebih senang saat bepergian, apalagi jaraknya yang cukup jauh.

Layar monitor ini sudah banyak dijual di sejumlah toko online, harganya mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 jutaan.

4. Digital Sound Processor

Hadirnya musik dalam menemani perjalanan jadi hal wajib bagi sejumlah pengendara mobil. Tak heran, banyak pemilik menggunakan audio yang lebih bagus sehingga menghasilkan suara makin jernih.

Aksesoris ini sering digunakan untuk meningkatkan kualitas suara yang dikeluarkan, tanpa perlu repot mengganti speaker bawaan mobil. Namun, aksesoris ini terbilang cukup mahal dengan harga jual di toko online mulai dari Rp 1 jutaan.

5. Lampu LED

Aparat gabungan menggelar razia terhadap kendaraan pribadi yang dipasang rotator di kawasan Cibubur, Jakarta. Sejumlah kendaraan terjaring razia.'Starter Pack' Aksesoris Mobil Orang Indonesia Foto: Hasan Alhabshy

Aksesoris yang satu ini banyak digunakan oleh sejumlah pemilik mobil. Penggunaan lampu LED ini dikhususkan untuk bagian foglamp atau headlamp saja.

Pemasangan lampu LED ini karena memiliki pencahayaan yang lebih terang. Selain itu lampu ini memiliki sistem pendingin yang membuatnya tak cepat panas, sehingga usia pakainya lebih cepat panjang.

Untuk harganya cukup bervariasi, di toko online lampu LED ini dijual mulai dari Rp 300 ribuan.

6. Dashcam

Dashcam atau dashboard camera makin banyak dipakai pengendara mobil di Indonesia belakangan ini.

Dash Camera or car video recorder in vehicle on the wayDash Camera or car video recorder in vehicle on the way Foto: istock

Dashcam berfungsi merekam semua detil yang terjadi di jalan atau di dalam mobil. Pada awalnya ini dianggap sebagai bagian dari fitur keamanan/keselamatan, menghindari kita dirugikan jika terjadi kecelakaan atau hal lain.

Namun belakangan dashcam makin banyak digunakan juga sebagai bagian dari gaya hidup. Video hasil rekaman dashcam di-upload ke media sosial.



Simak Video "Rekaman Dashcam Mobil Pribadi Bisa Jadi Alat Bukti Pelanggaran?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)