Viral Kaca Mobil Macet Tak Bisa Ditutup di Dalam Taman Safari, Bikin Panik

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 14:37 WIB
Power Window
Ilustrasi power window pada mobil Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah video beredar di media sosial yang melihatkan kaca mobil macet tidak bisa ditutup saat masuk di Taman Safari. Apa sebab power window mobil secara mendadak tidak berfungsi normal?

Mulanya video tersebut diunggah melalui akun TikTok @nitaarhma. Dia menceritakan tiba-tiba kaca mobilnya macet saat coba menutupnya.

"Sebenarnya ini panik banget soalnya lagi ada monyet-monyet, nah takut monyetnya masuk ke dalam," kata wanita dalam video tersebut.

Tak lama kemudian datang petugas untuk memperbaikinya. Namun hanya untuk diakali menggunakan tali rapia.

"Terus ada abangnya deh, akhirnya dibongkar, tapi karena abangnya nggak bawa tespen listrik jadinya nggak bisa. Terus akhirnya ditaliin rapia, pokoknya gimana caranya biar dia (kaca jendela mobil) bisa nutup, karena habis ini tuh kita masuk (lewatin, Red) ke kandang singa, dan akhirnya bisa deh guys," sambung dia.

Pemilik akun tersebut belum merespon saat dihubungi detikcom.

Penyebab power window macet sehingga kaca mobil susah untuk dibuka tutup

Mobil zaman sekarang sudah menggunakan power window. Fitur ini memudahkan penumpang membuka tutup kaca hanya dengan satu tombol di samping pintu bagian dalam.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan beberapa hal yang bisa menyebabkan power window macet.

"Power window macet dimungkinkan karena switch power window short, regulator atau motor rusak, dan terakhir run door glass rusak," kata Bambang kepada detikcom, Selasa (6/7/2021).

Lebih lanjut dalam laman Suzuki disebutkan saklar atau tombol power window berbeda dengan saklar lainnya di mobil. Power window memiliki saklar yang lebih rumit karena dapat menerima tiga perintah, yakni window down, window up dan juga off.

Saklar power window dapat rusak apabila dalam frekuensi waktu yang sempit sering membuka tutup kaca. Saklar power window menjadi aus dan masa pakainya lebih cepat habis.

Jika masa pakai habis maka anda cukup mengganti saklarnya saja. Untuk memperpanjang masa pakai, hindari memencet saklar sering-sering dalam waktu singkat.

Kemudian, run door glass atau rel kaca. Apabila rel kaca terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Biasanya akan timbul suara gesekan yang mengganggu telinga ketika masalah ini terjadi pada power window.

Jika dibiarkan dalam jangka panjang kotoran ini bisa memperparah kerusakan power window. Baik itu karena kotoran langsung atau karena motor bekerja lebih berat.

@nitaarhma

Paniklah masa engga ##foryoupage ##oneprankaday ##tamansafaribogor ##tamansafari

♬ Panik Gak Panik Lah - Tiktokmusic



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)