Viral Mobil Tersambar Petir saat Berhenti di Jalan, Lakukan Hal Ini Supaya Aman

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 05 Jul 2021 07:10 WIB
Mobil Tersambar Petir
Mobil tersambar petir (Tiktok @pattrn)
Jakarta -

Beberapa hari lalu sebuah mobil tersambar petir saat berhenti di tengah Jalan. Beruntung seluruh penumpang selamat tanpa mengalami luka-luka. Lalu, bagaimana cara yang tepat bagi pengemudi untuk mencegahnya dan yang harus dilakukan sesaat tersambar petir?

Tegangan tinggi yang dihasilkan oleh petir mampu membuat manusia luka-luka dan bahkan meninggal dunia seketika. Termasuk saat berkendara di dalam mobil, risiko pengemudi tersambar petir juga cukup besar.

Namun, petir yang menyambar setiap kendaraan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan bisa kamu antisipasi.

Dilansir dari Energized Edison, disarankan ketika mengendarai mobil dalam kondisi hujan deras disertai petir, sebisa mungkin untuk menepi di sisi jalan yang aman dan duduk dengan tangan di pangkuan paha. Usahakan tidak menyentuh gagang pintu, jendela, radio, persneling, setir dan komponen mengandung logam yang terhubung ke bagian luar mobil. Jadi pengemudi lebih aman dan tidak tersengat ketika petir menyambar.

@pattrn

#Lightning struck this jeep during a #storm in Kansas. Luckily, the couple and their 3 children inside were not injured. #closecall #caughtoncamera

♬ original sound - PATTRN

Jika mobil tersambar petir, selama pengemudi masih bertahan di dalam dan keluar saat sambaran petir berakhir, dipastikan akan tetap aman. Soalnya bodi mobil yang terbuat dari logam akan menghantarkan muatan listrik dari petir ke tanah.

Tidak ada bedanya jika mesin dalam keadaan hidup atau mati akan meningkatkan risiko disambar petir. Namun, tegangan petir yang sangat tinggi bisa merusak komponen bagian luar mobil seperti cat dan kaca spion.

Sementara untuk perangkat mobil yang lebih baru, teknologi chip semikonduktor yang tersemat di dalamnya bisa hancur akibat hantaman petir bertegangan tinggi.

Head Product Improvement Technical Service Division Daihatsu, Bambang Supriyadi, menyarankan untuk mengecek mobil sesaat setelah disambar oleh petir. Hal ini untuk mencari tahu apakah ada kerusakan di dalam kendaraan.

"Pertama cek terlebih dahulu apakah ada kerusakan yang terlihat, kalau tidak ada bisa coba dihidupkan mesin mobilnya. Tapi kalau tidak bisa, coba panggil teknisi bengkel di sekitar rumah," kata Bambang saat dihubungi detikOto, Jumat (2/7/2021).

Ketika sudah rusak tersambar petir, tentu ada beberapa komponen yang harus diganti. Menurut Bambang, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti unit yang baru tergantung dari seberapa besar kerusakan akibat tersambar petir.

"Ini variatif sekali, tergantung dari seberapa besar kecilnya tegangan petir yang menyambar mobil, kena langsung atau dari dekat saja. Tapi jika komponen sudah rusak semisal di bagian ECU, tentu sudah menelan biaya sampai jutaan," ungkapnya.



Simak Video "16 Orang Bangladesh Tewas Tersambar Petir Saat Menuju Pesta Pernikahan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)