Aduh! Salah Injak Pedal Mobil Ini Meluncur Kencang Mundur ke Belakang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 15 Mei 2021 18:57 WIB
Salah injak pedal gas
Salah Injak pedal gas Foto: Pool (youtube)
Jakarta -

Pentingnya pengetahuan dasar mengendarai mobil kembali terbukti nih detikers. Seperti insiden tabrakan tunggal yang menimpa sebuah mobil yang menabrak sepeda motor ini, dikatakan peristiwa ini berawal saat pengendara mobil berniat untuk menginjak rem saat mundur, namun sang pengemudi malah menginjak pedal gas dan meluncur kencang ke belakang.

Kejadian tersebut terjadi di salah satu ruas jalan di kota Hanoi, Vietnam, pada Selasa (11/05/2021). Dalam rekaman kamera CCTV memperlihatkan sebuah mobil Yaris berwarna silver tengah mundur ke belakang namun dengan kecepatan cukup tinggi.

Dikutip dari Carscoops, sang pengemudi berniat untuk menginjak pedal rem. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, dirinya malah menginjak pedal gas dan mobil mundur semakin cepat.

Mobil kemudian meloncat masuk ke atas trotoar dan menabrak tiga unit sepeda motor yang terparkir. Mobil tersebut juga menabrak sebuah pohon dan langsung berhenti seketika.

Dalam tampilan CCTV terlihat juga tiga orang wanita yang sedang melintas di trotoar. Salah satu di antara wanita terlihat berjalan santai, padahal jarak mobil dengan dia sangatlah dekat dan hampir merenggut nyawanya. Beruntung bagi mereka bisa selamat dan terhindar dari tabrakan.

Sang pengemudi juga berhasil selamat dan tidak mengalami luka-luka serius. Namun sayang tiga unit motor yang terparkir mengalami kerusakan setelah dihantam oleh mobil Yaris tersebut.

Karena sering terjadinya salah injak pedal, pihak Toyota sendiri memperkenalkan sebuah fitur bernama Pedal Misapplication Acceleration Control System yang diperkenalkan tahun lalu di Jepang. Sistem ini dapat mendeteksi ketika pengemudi salah menginjak pedal gas, yang seharusnya dilakukan ialah menginjak rem.

Meskipun teknologi ini tidak akan menghentikan kendaraan, namun Toyota memberikan sebuah peringatan melalui suara dan visual kepada pengemudi untuk segera menginjak pedal rem. Cara ini cukup ampuh agar pengemudi segera bereaksi dan meminimalisir kecelakaan.

Bagi Anda yang sering membawa kendaraan mobil, tetap fokus dan konsentrasi saat berkendara. Karena masalah injak pedal rem dan gas ini sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Jangan Salah! Ini Cara Menderek Mobil Matic yang Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)