Duh! Tiger Woods Kecelakaan Mobil Gegara Ngebut Sampai 140 Km/jam

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 08 Apr 2021 13:52 WIB
A law enforcement officer looks over a damaged vehicle following a rollover accident involving golfer Tiger Woods, Tuesday, Feb. 23, 2021, in the Rancho Palos Verdes suburb of Los Angeles. Woods suffered leg injuries in the one-car accident and was undergoing surgery, authorities and his manager said. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Kecelakaan mobil Tiger Woods Foto: Ringo H.W. Chiu/AP
Jakarta -

Pegolf legendaris, Tiger Woods, mengalami kecelakaan tunggal pada Februari lalu. Departemen Sheriff Los Angeles mengungkap kecelakaan Tiger Woods lantaran melanggar batas kecepatan aman saat mengemudikan Hyundai Genesis GV80.

Menurut Departemen Sheriff County Los Angeles, pegolf profesional itu melaju sekitar 85 mil per jam (136,7 kilometer per jam) di zona di mana batas kecepatannya hanya 45 mph (72,4 kpj).

"Penyebab utama tabrakan itu adalah mengemudi dengan kecepatan yang tidak aman untuk kondisi jalan raya, dan ketidakmampuan untuk melewati tikungan jalan raya. Perkiraan kecepatan di area benturan pertama adalah 84 hingga 87 mil per jam (135,1 dan 140 kilometer per jam)," ungkap L.A. Sheriff Alex Villanueva dalam keterangan persnya hari ini, Kamis (8/4/2021) seperti dikutip dari Autoevolutin.

Kepolisian mengatakan Woods sangat kooperatif selama proses investigasi. Seperti diketahui Tiger Woods berhasil selamat dari kecelakaan fatal tersebut, namun dia harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera kaki serius. Pegolf itu disebut kehilangan kendali atas mobilnya.

Beruntung Tiger Woods berhasil selamat dari insiden tersebut berkat penggunaan sabuk pengaman saat berkendara.

Sebagai informasi, Hyundai Genesis GV80 2021 ini memiliki harga mulai dari USD 50 ribu atau setara dengan Rp 700 juta-an di pasaran. Mobil ini memiliki tiga varian dengan kapasitas mesin sebesar 2,5 liter I4 RWD, lalu ada juga berkapasitas 2,5 I4 AWD, serta 3,5 liter V6 AWD.

Dikutip dari laman Genesis, untuk tipe Hyundai GV80 dengan kapasitas 3,5 liter mobil ini dilengkapi dengan mesin turbocharged V6, dan dapat menghasilkan tenaga hingga 375 horsepower pada putaran 5.800 rpm dan torsi puncaknya mencapai 391 lb-ft pada 5.800 rpm. SUV mewah ini menggunakan transmisi otomatis delapan percepatan dengan shift by wire dan paddle shifters.

Dengan mengusung mesin yang cukup mumpuni, mobil SUV ini dapat melaju dari 0 sampai 95 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik saja.

Lomita Station, Captain James mengatakan bahwa Tiger Woods tidak ingat bagaimana pegolf berusia 45 tahun itu hilang kendali.

Sejauh ini pihak berwenang mengatakan jika Woods tengah melintas di jalan raya dengan kontur melengkung dan menuruni bukit. Ia kehilangan kendali, SUV mewah itu berbelok melintasi jalur yang berlawan, menabrak marka jalan dan terguling beberapa kali hingga membuat mobilnya ringsek.

Laporan menunjukkan bahwa tidak ada tanda selip yang menunjukkan pengemudi menginjak rem secara mendadak atau mencoba berbelok.

Sherrif Los Angeles County Alex Villanueva mengatakan tidak ada indikasi jika Woods tidak berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan. Woods dinyatakan tengah sadar saat peristiwa itu terjadi.

Jonathan Cherney, mantan detektif dan ahli rekonstruksi kecelakaan saat ini yang berjalan di tempat kejadian setelah kecelakaan itu, mengatakan kepada USA Today bahwa bukti menunjukkan pengemudi tertidur di belakang kemudi.

"Bagi saya, ini seperti kasus (kecelakaan) klasik tertidur di belakang kemudi, karena jalanan berkelok dan kendaraannya tetap lurus," kata Jonathan Cherney.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)