Hakim Tolak Bayar Tol, Akhirnya Menyerah Usai Debat dengan Petugas

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 09:25 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol
Ilustrasi pintu tol (Getty Images/iStockphoto/Moon Safari)
Jakarta -

Menggunakan jabatan untuk mendapat keistimewaan ternyata banyak terjadi di India. Yang baru-baru ini terjadi, seorang hakim menolak bayar saat akan masuk jalan tol. Terlalu!

Video hakim menolak bayar saat akan memasuki pintu tol beredar luas melalui Twitter di India. Peristiwanya terjadi pekan lalu, di pintu Tol Plaza, yang terletak antara Bareilly dan Moradabad di Uttar Pradesh.

Dikutip dari Cartoq, video tersebut merupakan hasil rekaman kamera CCTV. Sementara audionya didapat dari rekaman via handphone.

Video itu menunjukkan sebuah mobil Maruti Suzuki Ertiga berkelir putih berhenti di depan pintu tol. Sesaat setelah berhenti, penumpang mobil langsung menunjukkan kartu identitasnya sebagai hakim ke box tempat penjaga pintu tol berada.

Pertugas penjaga pintu tol lantas menjawab kalau dirinya tak punya wewenang untuk memberi kesitimewaan untuk mengratiskan biaya tol. Petugas itu lalu memanggil supervisornya.

Setelah sang supervisor memeriksa tanda pengenal si penumpang mobil, perdebatan terjadi. Kesimpulannya masih sama, si hakim dan mobilnya tidak bisa melewati pintu tol tanpa bayar.

Adu argumen antara mereka tak selesai sampai di situ. Si supervisor lantas memanggil manajernya untuk menuntaskan masalah tersebut. Kepada sang manajer, hakim tersebut kembali meminta dirinya diizinkan lewat tanpa bayar. Dia mengklaim kalau dengan jabatan yang dimiliki, yakni sebagai Additional District Judge (ADJ), harusnya dia bisa melewati tol tanpa bayar.

Si hakim juga berdalih kalau dalam perjalanan menuju pintu tol tersebut dia sudah melewati beberapa jalan tol lain. Dan semuanya bisa dia lewati tanpa bayar.

Namun sang manajer jalan tol bersikukuh pada pendiriannya. Dia tetap meminta hakim membayar tarif tol sebesar 80 Rs (setara dengan Rp 15.900). Manajer itu juga menegaskan kalau yang bebas dari kewajiban bayar tol hanya hakim dari pengadilan tinggi dan mahkamah agung.

Kejadian tersebut tentu saja menimbulkan antrean kendaraan yang cukup panjang. Saat disinggung soal antrean di belakangnya, sang hakim menyangkal kalau itu disebabkan olehnya.

Debat di pintu tol tersebut berakhir tak lama kemudian. Si hakim mau membayar biaya tol dan akhirnya bisa diizinkan melintas.

Masih dikutip dari Cartoq, kejadian semacam ini sering terjadi di India. Untuk diketahui, beberapa pejabat publik di India memang dapat keistimewaan untuk melintas jalan tol gratis. Pejabat-pejabat mana saja yang bisa naik tol gratis ditulis pada sebuah papan berukuran besar di pintu masuk tol.

Mereka yang memiliki jabatan dengan keistimewaan itu akan meminta dirinya diizinkan melintas tanpa bayar di pintu tol. Namun ternyata ada saja yang mencoba mendapatkan fasilitas itu meski sebenarnya tak masuk daftar pengecualian.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)