Sewa Mitsubishi Pajero di Raja Ampat Rp 1,5 Juta per 12 Jam, Mobil Lainnya?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 21:26 WIB
Mitsubishi Pajero Sport
Ilustrasi Pajero Sport Foto: Mitsubishi Motors
Jakarta -

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) boleh jadi sudah menawarkan Pajero Facelift 2021 dengan tampang yang lebih kece. Tapi detikers tahu tidak berapa sih harga sewa Mitsubishi Pajero di Raja Ampat Papua?

Peneliti Balai Arkelogi Papua, Hari Suroto mengatakan sewa mobil di kawasan Raja Ampat berbeda-beda, akan tetapi bisa dipastikan penyewaan mobil berlaku per 12 jam.

"Raja Ampat, Papua Barat merupakan kabupaten kepulauan, dengan empat pulau utama yaitu Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool. Kabupaten Raja Ampat membentang 46.108 kilometer persegi ini terdiri dari 80 persen perairan dan 20 persen daratan," jelas Hari.

"Raja Ampat memiliki pulau dalam berbagai ukuran dengan jumlah sekitar 1.838 pulau dan sekitar 34 pulau didiami oleh penduduk. Dari sekian jumlah pulau di Raja Ampat, hanya di Waigeo saja pula yang terdapat jalan darat yang mulus beraspal. Jalan ini menghubungkan Pelabuhan Waisai, kemudian berujung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), jalan ini juga menghubungkan ke Bandar Udara Marinda Waisai ke Warsambin dan juga ke Teluk Mayalibit," lanjut cerita Hari.

Ilustrasi mobil di Raja Ampat PapuaIlustrasi mobil di Raja Ampat Papua Foto: dok. Hari Suroto

Hari menambahkan untuk penyewaan mobil di Raja Ampat, ada beberapa pilihan kendaraan yakni Mitsubishi Pajero, Toyota Innova dan lain-lain, meski bus Damri juga bisa menjadi pilihannya.

"Di Waigeo juga ada bus Damri dari Pelabuhan Waisai ke Warsambin, Teluk Mayalibit harganya Rp 50 ribu. Sedangkan untuk jenis mobil dan ongkos sewanya, ada beberapa pilihan, diantaranya untuk Mitsubishi Pajero itu ongkos sewanya mencapai Rp 1,5 juta per 12 jam, Innova Rp 1 juta per 12 jam, Daihatsu Xenia Rp 700 ribu per 12 jam, dan Toyota Avanza Rp 700 ribu per 12 jam. Harga di atas sudah termasuk sopir dan BBM, di luar fee sopir," terang Hari.



Simak Video "Pulau Kri Raja Ampat, Incaran Penyelam Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)