Nasib Beli BBM di Pedalaman Papua: Dikirim Pakai Pesawat Kargo, Harga Melonjak

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 03 Feb 2021 17:11 WIB
Catatan Untuk Pembangunan Jalan Trans Papua
Ilustrasi jalanan di Papua Foto: detik
Jakarta -

Berada wilayah paling timur di Indonesia membuat beberapa akses sulit untuk dijangkau di Papua. Bahkan hal ini juga terjadi saat ingin membeli bahan bakar minyak (BBM).

Seperti yang disampaikan peneliti Balai Arkeologi Papua Hari Suroto. Hari mengatakan untuk pembelian BBM di pedalaman Papua harus dikirim menggunakan kargo.

"Suplai BBM untuk Kota Jayapura, Nabire, Timika, Merauke (daerah yang memiliki pelabuhan Pelni) selalu tersedia, dengan harga yg gak jauh berbeda dengan Makasar. Namun untuk daerah pedalaman, BBM masih dibawa dengan pesawat kargo, sebagai contoh di Wamena (dapat dijangkau pesawat kargo boing)," ujar Hari.

Hari juga menambahkan, harga jual BBM di Papua tidak jauh berbeda dibandingkan dengan harga di Makassar.

"Premium per 1 liter harganya Rp 10 ribu, sedangkan daerah yang hanya dapat dijangkau dengan pesawat kecil atau kendaraan double gardan, premium per liter bisa mencapai Rp 15-30 ribu," ujar Hari.

Banjir pada Minggu (26/7) lalu membuat jalan Trans Papua yang hubungkan Kabupaten Mimika-Kabupaten Nabire terputus. Rusaknya jalan itu membuat warga terisolir.Ilustrasi jalanan saat banjir pada Minggu (26/7) lalu membuat jalan Trans Papua yang hubungkan Kabupaten Mimika-Kabupaten Nabire terputus. Rusaknya jalan itu membuat warga terisolir. Foto: ANTARA FOTO/SEVIANTO PAKIDING

Dikesempatan yang sama Hari juga mengatakan, soal angkutan umum di Papua hanya ada di kota Jayapura yang aktif.

"Kendaraan umum di kota Jayapura, ada angkot Suzuki yang biasa ditumpangi anak sekolah dan mahasiswa. Sedangkan kalau antar kabupaten terdekat Mitsubishi L300 atau Damri," Hari menambah.



Simak Video "Indonesia Targetkan 2030 Setop Impor BBM-LPG"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)