Wuss... Truk Meluncur Mundur Sejauh 3 Kilometer Gegara Rem Blong

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 20 Jan 2021 10:13 WIB
Rem blong hingga membuat truk mundur
Truk mundur gara-gara rem blong Foto: Cartoq
Maharashtra -

Masalah rem blong atau disfungsi rem jadi momok yang perlu diantisipasi para pengendara di jalan. Kali ini sebuah truk mengalami rem blong hingga meluncur mundur sejauh 3 kilometer.

Dikutip Cartoq, Rabu (20/1/2021) peristiwa itu terjadi di Jalan Jalna - Sillod, Maharashtra, India. Sopir truk itu disebut gagal melakukan pengereman, dan tidak bisa menurunkan persneling ke gigi yang lebih rendah.

Dalam video yang diunggah akun Transport Live terlihat truk itu membawa muatan penuh, sopir berusaha mengendalikan truk yang mundur secara perlahan. Beberapa pemotor juga terlihat memberikan pengamanan di lalu lintas di sekitar truk mundur tersebut.

Akhirnya, setelah bergulir cukup lama, truk itu menempuh jarak 3 kilometer dari arah berlawanan. Truk itu berhenti usai sang sopir memutar setir ke area ladang terbuka. Permukaan kasar dari tanah pertanian itu membantu memperlambat truk dan akhirnya berhenti.

Bicara soal safety driving, adegan berbahaya itu semestinya bisa dicegah dengan memperhatikan aspek keselamatan dan kondisi kendaraan. Apalagi jika truk sudah obesitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL), sopir dipastikan akan kesulitan mengantisipasi saat gagal di tanjakan.

Ditambah pada kendaraan besar seperti truk, perpindahan perseneling dari gigi tinggi ke rendah sulit dilakukan saat putaran mesin rendah. Masalah itu semakin besar saat di tanjakan, yang bisa menyebabkan missed gear sehingga kendaraan dengan mudah meluncur.

[Gambas:Youtube]



"Muatan jangan overload dan lakukan momentum dengan pas di tanjakan, sesuaikan dengan power truck-nya," ujar Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

"Karena ketika terjadi gagal menanjak karena overload, engine off & missed gear, maka truck akan meluncur mundur. Kalau sudah mundur maka susah untuk mengontrolnya. Karena menghidupkan engine truck yang mati butuh waktu, sementara rem tidak akan bekerja ketika mesin mati, yang terjadi pengemudi akan panik dan kecelakaan," jelas Sony.



Simak Video "Aksi Pilot Drone 'Bubarkan' Pemotor RX King yang Masuk Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)