Ikuti GPS, Mobil Tercebur Bendungan, Sopirnya Tewas Tenggelam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 15 Jan 2021 12:03 WIB
Google Maps untuk Pemotor
Google Maps. Foto: The Verge
Maharashtra -

Peristiwa aplikasi navigasi membuat pengendara tersesat sering kali terjadi. Baru-baru ini, pengemudi di India yang mengikuti arahan Google Maps tersesat hingga tercebur bendungan.

Diberitakan Cartoq, seorang pria dari Maharashtra mengikuti navigasi Google Maps untuk berkendara ke bendungan. Pria itu dilaporkan tenggelam dan meninggal dunia.

Menurut keterangan polisi, pria bernama Satish Ghule (34 tahun) diduga mengikuti Google Maps di kota Akole Ahmednagar. Peristiwa itu terjadi larut malam sekitar pukul 01.45 WIB pada hari Minggu. Dia mengendarai mobil bersama dua orang untuk melakukan perjalanan menuju Kalsubai, yang merupakan puncak tertinggi Maharashtra. Ada dua pria di dalam kendaraan, Guru Shekhar dan Sameer Rajurkar ke tempat itu.

"Saat mengemudi menuju Kalsubai untuk trekking, mereka tersesat dan mencari petunjuk dari Google Maps, ketika mereka secara tidak sengaja masuk ke dalam air," kata Inspektur Senior Abhay Parmar dari kantor polisi Akole. "Ada jembatan di sana yang beroperasi selama delapan bulan. Tapi selama empat bulan setelah musim hujan, air bendungan dirilis dan jembatan tenggelam sehingga tidak bisa digunakan."

Karena Google Maps, Mobil Tercebur Bendungan, Sopirnya Tewas TenggelamKarena Google Maps, Mobil Tercebur Bendungan, Sopirnya Tewas Tenggelam Foto: Istimewa

Pengemudi mobil tidak tahu rute yang dilewati sehingga mengandalkan navigasi Google Maps. Namun, navigasi mengarahkan mobil melewati jembatan yang terendam air selama sekitar 4 bulan setelah pihak berwenang melepaskan air dari bendungan Pimpalgaon.

Informasi tersebut tidak diperbarui di Google Maps sehingga tidak ada peringatan di peta digital tersebut. Selain itu, pihak berwenang juga tidak memberikan rambu atau peringatan apa pun di depan jembatan agar jembatan tidak dilewati.

Setelah pengemudi mobil melaju melewati jembatan yang terendam, mobil tenggelam. Mereka menggunakan Toyota Fortuner yang secara spesifikasi dengan ground clearance yang tinggi mumpuni untuk melewati genangan air. Tapi faktanya mobil terseret hingga tenggelam di bendungan.

Para penghuni mobil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi sungai. Namun, pengemudi bernama Satish Ghule tidak bisa berenang dan dia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri.

Penduduk setempat bergegas ke tempat itu setelah kejadian. Mereka juga mengeluarkan mobil dari air dan mengevakuasi tubuh pengemudinya juga.



Simak Video "Google Maps Informasikan Resto yang Bisa Pesan Antar Makanan "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)