Viral Kijang Innova Bensin Diisi Solar, Langsung Kuras Tangki di SPBU

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 11 Jan 2021 19:53 WIB
Kijang Innova salah isi BBM
Kijang Innova salah isi BBM Foto: Tiktok @puspita_sari74
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah Kijang Innova tipe mesin bensin diisi bahan bakar solar. Guna menghindari hal-hal tak diinginkan, tangki mobil Innova tersebut langsung dikuras di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Video tersebut dibagikan oleh akun tiktok @puspita_sari. Ia menceritakan pengalamannya saat mobil Innova tipe bensin yang disopiri suaminya malah mengantre di jalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar.

"Pelajaran berharga gaess.. mobil isi bensin diisi solar.. untungnya blm sempat mesin dinyalakan sdh tau klo salah," tulis dalam narasi tersebut seperti dilihat detikcom, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut ia mengisahkan jika sang sopir kurang fokus saat berhenti di jalur mengisi bensin. Alih-alih ingin mengisi pertalite malah setop di jalur solar.

"Nah ini pak supirnya krn kurang focus mau beli bensin pertalite berhenti di jalur solar."

"Gpp.. "pengalaman adalah guru yang terbaik" jadi lbh hati-hati.. belajar sabar.. menghadapi situasi apapun yaa..." tambahnya.

@puspita_sari74

Walau merepotkan...mengesalkan....bikin bete... "PENGALAMAN TETAPLAH GURU YANG TERBAIK " ya kannn my hubby 😄😀😃😄😋🥰

♬ Brave - Sara Bareilles

Cerita berlanjut, ia lalu memanggil mekanik untuk menguras atau mengosongkan tangki bensin yang terlanjur dipenuhi solar. Sebab perlu mencopot beberapa bagian yang saling terhubung seperti sambungan fuel pump, selang bensin, serta baut-baut yang mengunci tangki bensin.

"Sebesar ini tangkinya dan ngga ada lubang pembuangan jd harus melepas semuanya untuk menguras solarnya," jelasnya.

Solar pun dikuras, terlihat beberapa orang mengangkat tangki untuk mengeluarkan solar ke wadah berupa ember.

Sekedar informasi, Kijang Innova saat ini tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama, mesin bensin berkapasitas 1.998 cc kode 1TR-FE Dual VVT-i, yang mampu memuntahkan tenaga tenaga 137 hp dan torsi 183 Nm. Tenaga tersebut tersalurakan lewat pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Lalu pilihan kedua dicangkok mesin diesel 2.393 cc berkode 2GD-FTV with VNT Intercooler. Bocara soal tenaga, MPV ini bisa memuntahkan tenaga sebesar mencapai 147 hp dan torsi 342 Nm untuk tipe manual, serta 147 hp dan torsi 359 Nm untuk tipe otomatis.

Salah mengisi mobil berbahan bakar bensin dengan solar memang tak bisa disepelekan, jika didiamkan bisa merusak mesin mobil.

Bila sudah menyadari salah mengisi bensin, jangan langsung menyalakan mesin mobil. Menguras tangki BBM sangat disarankan sebelum solar masuk ke mesin untuk menggerakkan mobil. Komponen yang dikuras tak hanya tangki, part lainnya ialah selang bensin, injektor, dan pompa bensin.

Technical Service Executive Coordinator ADM, Anjar Rosjadi jika BBM bensin tercampur solar, pemilik mobil ini harus segera menguras tangki bensinya. Bahayanya solar bisa mengendap dan menyebabkan mesin mobil mati.

"Solar itu kan lengket, itu juga nggak sekedar dikuras, harus dibersihin saluran bahan bakarnya di-flush karena dia (solar) sifatnya kayak oli, nempel ngendap, ada solar aja di meja bersihinnya setengah mati," ungkap Anjar beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)