Salut! Warga Buka Jalan buat Ambulans, Jarak 370 Km Ditempuh 4 Jam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 08 Des 2020 08:26 WIB
Warga di India membantu mengosongkan jalan agar ambulans bisa lewat dengan lancar
Warga di India membantu mengosongkan jalan agar ambulans bisa lewat dengan lancar. Foto: Dok. Daijiworld.
Jakarta -

Ambulans menjadi kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya. Kerap kali ambulans membutuhkan waktu cepat untuk tiba di tujuan demi menyelamatkan nyawa seseorang. Tapi, kondisi lalu lintas yang padat sering membuat ambulans tersendat bahkan sampai terlambat tiba di rumah sakit.

Kondisi ambulans yang terjebak macet ini tak cuma terjadi di Indonesia. Di negara berkembang lainnya, seperti di India, warganya tak sedikit yang tak mengacuhkan ambulans.

Tapi tidak semua yang mengabaikan keberadaan ambulans, beberapa warga di Negara Bagian Karnataka, India, telah menciptakan zona lalu lintas kosong untuk ambulans yang membawa seorang wanita untuk operasi darurat. Menurut laporan Dajiworld, berkat zona lalu lintas kosong ambulans itu bisa melaju cepat bahkan dapat menempuh jarak 370 km dalam empat jam.

Di dalam ambulans terdapat pasien wanita bernama Suhana, 22 tahun. Ia harus menjalani operasi paru-paru darurat. Haneef yang mengemudikan ambulans membawa pasien itu dari Pusat Medis Mahavir di Puttur ke Rumah Sakit Vydehi di Whitefield, Bengaluru.

Penduduk setempat di rute perjalanan ambulans menuju rumah sakit mengetahui tentang pemindahan darurat pasien. Mereka kemudian membantu polisi 'membersihkan' lalu lintas untuk memastikan jalur yang dilewati ambulans benar-benar kosong.

Relawan dan aktivitas sosial dari berbagai organisasi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengoordinasikan lokasi perjalanan ambulans. Informasi tersebut kemudian disampaikan kepada orang-orang di rute yang dilewati ambulans demi memastikan situasi lalu lintas kosong untuk dilewati ambulans. Bahkan polisi dilibatkan di beberapa daerah untuk menjaga jalan bebas lalu lintas.

Dalam video yang viral, ambulans dikawal beberapa mobil dan melaju sangat cepat. Bahkan, mobil-mobil yang masuk iring-iringan itu berbelok dengan kecepatan tinggi.

Sopir ambulans, Haneef mengatakan bahwa setiap kehidupan itu penting baginya dan dia hanya berusaha menyelamatkan nyawa pasien dengan memastikan bahwa pasien mencapai tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. Bahkan kepolisian mengapresiasi upaya masyarakat dan polisi dalam memberikan perjalanan yang lancar ke ambulans.



Simak Video "Polisi Amankan Ambulans Bawa Logistik Aksi 1812"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)