Jumat, 18 Sep 2020 12:36 WIB

Inspiratif: Tanpa Lengan dan Kaki, Pria Ini Bisa Kendarai Mobil Hasil Modifikasi

Rizki Pratama - detikOto
Pria tanpa tangan dan kaki dari lahir bisa mengendarai mobil ini. Mobil khusus difabel tanpa kaki dan tangan. Foto: Youtube: Mercedes-Benz Van
Jakarta -

Lahir tanpa lengan dan kaki tak membuat Janis McDavid patah semangat. Dia kini malah jadi inspirasi karena bisa menjelajahi berbagai tempat dengan mengendarai mobilnya sendiri.

Tentu ada banyak pertanyaan bagaimana mungkin orang tanpa dua tangan dan dua kaki dapat mengendarai mobil. Jawabannya adalah modifikasi dan kemajuan teknologi.

McDavid memiliki sebuah mobil Van Mercedes-Benz Sprinter yang dimodifikasi khusus agar dapat ia kemudikan dengan mudah dan aman. Modifikasi ini memungkinkan dia mengoperasikan mobil dari saat akan masuk kabin sampai berhenti dan keluar kendaraan sendirian tanpa ada bantuan orang lain sama sekali.

Pria Jerman ini masuk ke dalam van menggunakan kursi rodanya. Di kursi rodanya ada serangkaian tombol yang membuka pintu belakang mobil. Saat pintu belakang terbuka ada landasan yang membantu kursi roda naik ke dalam kabin.

"Pertama saya membuka pintu dengan tombol kontrol yang dipasang di kursi roda saya lalu menurunkan lerengan untuk kursi roda," kata McDavid menjelaskan dalam sebuah video di akun Youtube Mercedes-Benz Vans.

Setelah masuk lewat pintu belakang bersama dengan kursi roda ia turun dan menuju kursi penumpang yang ada di depan. Menggunakan mulutnya, ia membawa kunci dan menyalakan mobil.

Proses menyalakan mobil cukup lama karena menggunakan sistem komputer. Dalam proses menyalakan mobil, McDavid juga akan menerima berbagai pertanyaan diagnostik untuk memastikan mobil berfungsi dengan baik.

"Ini seperti pesawat yang menanyakan segalanya, semua fungsi, jadi memastikan semuanya bekerja. Itu berarti saya harus memastikan fungsi rem, pedal gas, dan roda kemudi," jelasnya.

Di samping kursinya ada serangkaian tombol yang dapat digunakan untuk mengaktifkan segala fungsi mobil dengan mudah. Di sana juga termasuk tombol untuk memilih transmisi kecepatan mobil.

Manuver serta kecepatan van ini dikendalikan sebuah joystick. Jadi McDavids tidak langsung memegang stir atau menginjak pedal. Joystick itu yang menentukan arah serta cepat lambatnya van. Maju untuk akselerasi, mundur deselerasi dan kiri atau kanan untuk manuver.

Dalam video singkat itu tidak ada penjelasan bagaimana mobil dibuat beserta biayanya. Akan tetapi melihatnya sekilas saja dapat dikatakan ini bukan modifikasi yang murah. Bagaimana detikers, keren tidak semangat dan modifikasi mobil pria ini?

[Gambas:Youtube]





Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com