Jumat, 18 Sep 2020 11:27 WIB

Mobil Ngebut 150 Km/jam, Sopirnya Malah Tidur

Rizki Pratama - detikOto
Pria Ini Tidur saat Mengemudi Tesla Pengemudi Tesla tidur saat mengemudi. (Istimewa)
Jakarta -

Mobil mahal dan canggih di tangan orang yang salah adalah sebuah bom waktu yang siap meledak kapanpun. Lihat saja pria pengemudi Tesla yang tertidur saat mobil melaju kencang di kecepatan 150 km/jam.

Menurut laporan Royal Canadian Mounted Police (RCMP), mereka menerima keluhan tentang mobil yang melaju kencang di jalan tol. Meluncur dalam kecepatan tinggi di jalan tol memang bukan hal yang aneh, tapi yang mengejutkan adalah fakta bahwa dua orang yang ada di baris depan tersandar dan tidur saat itu.

Seorang petugas lalu lintas RCMP menanggapi laporan tersebut dan berhasil menemukan Tesla Model S. Polisi menyalakan sirine dan mendapati mobil Tesla Model S itu melaju dengan kecepatan hingga 150 km/jam.

Petugas berhasil menghentikan mobil yang dikendarai oleh pria berusia 20 tahun. Awalnya ia didakwa melaju dengan kecepatan tinggi dan SIM-nya ditahan selama 24 jam.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, pengemudi tersebut didakwa dengan pelanggaran mengemudi dengan berbahaya dan ceroboh. Ini dikategorikan pelanggaran berbahaya karena mengancam keselamatan publik.

Kasus ini akan disidangkan pada akhir Desember tahun 2020. Berdasarkan Undang-undang setempat, pengemudi Tesla ini dapat menerima hukuman berupa pencabutan sementara SIM selama satu tahun dan kurungan lima tahun penjara.

"Meskipun produsen kendaraan baru telah memasang pengaman untuk mencegah pengemudi memanfaatkan sistem autopilot baru di dalam kendaraan, sistem itu hanya sistem keselamatan tambahan. Ini bukan sistem mengemudi otonom, mereka tetap harus diawasi dengan tanggung jawab mengemudi," ujar sebuah pernyataan layanan lalu lintas RCMP.

Sistem autopilot Tesla memang dikategorikan belum dalam tingkat sempurna mobil otonom. Mobil ini hanya berada setingkat di atas sistem lane assist atau sejenisnya yang ada di mobil-mobil kebanyakan. Akan tetapi tak sedikit pemilik mobil Tesla yang menganggap mobil ini benar-benar dapat mengantarkan mereka ke manapun tanpa menyentuh setir.



Simak Video "Mobil Tesla Elon Musk Sudah Mendekati Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com