Rabu, 25 Mar 2020 08:29 WIB

Antara Tetap di Rumah atau Bekerja, Dilema Sopir saat Pandemi Corona

M Luthfi Andika - detikOto
Spanduk corona Aku tidak takut corona Foto: Pool (Instagram)
Jakarta -

Pandemi virus corona memang mengkhawatirkan, terlebih saat ini sudah ada ratusan orang yang dinyatakan positif mengidap virus corona atau Covid-19. Bahkan yang menjadi perhatian saat ini sudah ada puluhan orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia.

Akan tetapi ada satu catatan penting yang bisa menjadi perhatian bersama. Disaat pemerintah menerapkan social distancing alias megurangi interaksi, namun satu sisi ada profesi yang memang harus dilakukan untuk bisa menafkahi dirinya sendiri dan keluarga.

Sebut saja para sopir yang memang kesehariannya harus berada di jalanan. Namun saat ini kebijakan pemerintah memaksa agar seluruh lapisan masyarakat ikut mengindahkan himbauan pemerintah untuk Social Distancing dan untuk tetap berada di rumah.

Seperti yang diunggah oleh dashcam_owners_indonesia. Dalam unggahan video yang di-publish, tampak satu bus berukuran 3/4 menaruh spanduk sepanjang bodi belakang mobil dengan tulisan yang cukup mengejutkan.

"Aku tidak takut Corona, aku takut keluarga tidak makan," tulis dalam spanduk tersebut.

Dilema ini menjadi perhatian kita bersama tentunya. Meski demikian detik.com mengingatkan untuk seluruh lapisan masyarakat agar tidak memaksakan keluar rumah jika tidak sangat terpaksa.

Berbagai tanggapan netizen dituliskan saat melihat peristiwa ini.

"Bukan masalah takut atau tidak takut, tapi semua orang harus sadar bahwa dirinya mampu berpartisipasi membuat Corona berhenti beredar di Indonesia dengan cara membatasi ke luar rumah kalau tidak ada perlunya," tulis akun ketawalucuuu.

Lain lagi dengan pendapat akun ariefdjoemahdin, yang menilai situasi saat ini serba salah.

"Serba salah sih....coba posisikan anda semua wahai netizen yg budiman sebagai dia, mungkin kondisinya akan sama. Tapi semua seharusnya kembali lagi kpd pemerintahnya...sudah tanggap atau belum dengan kondisi di masyarakatnya terutama masyarakat ekonomi bawah. Kalo kalian yg punya uang atau tabungan mungkin gk terlalu ngaruh toh pada akhirnya kalian akan butuh juga jasa ojol, delivery, kurir atau semacamnya cuma buat nganter kebutuhan kalian...ya khaaan??? Banyak berdoa sajalah supaya semua cobaan ini cepat berakhir...aamiiin," tulis ariefdjoemahdin.

Semoga wabah virus corona ini bisa berlalu ya detikers.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com