Senin, 09 Mar 2020 13:23 WIB

Rejeki Nomplok, Nemu Mobil Langka di Tumpukan Sampah

Ridwan Arifin - detikOto
Chevrolet Corvette Mobil langka ditumpukan sampah Foto: Facebook Speedy's Towing & Recovery
Jakarta -

Harta karun adalah kiasan paling tepat untuk menggambarkan Chevrolet Corvette Fuelie 1965 ini. Mobil ini ditemukan dalam garasi setelah tertimbun sampah.

Kisah penemuan harta karun dalam garasi ini bermula dari seorang petugas derek yang bekerja di Speedy's Towing and Recovery, St. Louisville, Ohio, Amerika Srikat. Dia beberapa bulan lalu membeli sebuah garasi termasuk isinya. Atas pembelian itu, dia harus menerima apapun konsekuensinya.

Meski pada awalnya terlihat hanya sebuah garasi yang dipenuhi sampah, ternyata mereka menemukan benda berharga di dalamnya. Ada mobil antik terparkir di sana.

Garasi yang ditutupi oleh tumpukan sampah itu dibersihkan pada akhir Februari 2020. Tak disangka, di dalamnya ditemukan Corvette -yang ternyata terawat baik- setelah terkubur selama hampir lima puluh tahun.

Garasi dibersihkanGarasi dibersihkan Foto: Facebook Speedy's Towing & Recovery

"Sebuah garasi luar biasa yang ditemukan oleh teman saya Jr Stalling, Corvette 4 percepatan, injeksi bahan bakar, diparkir pada akhir 60-an dengan jarak 40k miles (sekitar 64 ribu kilometer)," tulis unggahan tersebut.

Mobil langka ditemukan tertumpuk sampahMobil langka ditemukan tertumpuk sampah Foto: Facebook Speedy's Towing & Recovery

"Kami tarik keluar setelah membersihkan tumpukan sampah yang menggunung, dan mobil itu bergulir keluar dari garasi, rem tidak terkunci," sambung unggahan tersebut.

Dari eksterior Corvette C2 ini sudah terdapat emblem Fuel Injection pada fender depan. Emblem itu jadi tanda bahwa mobil ini dibekali mesin berkapasitas 5.400 cc Rochester dengan teknologi fuel-injected L84 V8.

Namun mesin L84 ini disebut sebagai produk gagal, sebab muntahan tenaganya tak terlalu besar dan harganya lebih mahal ketimbang mesin V8 lain yang dikenalkan pada tahun yang sama. Chevrolet pun disebut hanya menjual 771 Corvette Fuel Injection pada 1965.

Chevrolet CorvetteChevrolet Corvette Foto: Facebook Speedy's Towing & Recovery

Kendati mobil masih dapat berjalan namun tetap harus direstorasi yang pastinya membutuhkan banyak biaya. Kondisi mobil yang baik tentunya akan mendatangkan pundi-pundi keuntungan.

Sebab, mobil ini masih menjadi salah satu incaran kolektor. Pada tahun 2017 misalnya, dengan catatan odometer 89.000 mil atau sekitar 143 ribu kilometer, bisa laku terjual USD 101.000 (Rp 1.4 miliaran).



Simak Video "Chevrolet Pamit dari Indonesia, Bagaimana Nasib Penggunanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com