Selasa, 11 Feb 2020 06:19 WIB

Kenapa Kucing Suka Tidur di Kap Mobil?

Ridwan Arifin - detikOto
Kucing di Kap Mobil Kucing di balik kap mesin Foto: Nissan
Jakarta -

Mobil biasa menjadi tempat berlindung kucing. Tak jarang, kucing ditemukan sedang berteduh di kap mobil, kolong mobil. Bahkan, kucing juga menyelinap masuk di balik bonet mobil.

Walhasil pemilik mobil diharapkan berhati-hati dengan kebiasaan kucing ini. Bila tidak, bukan tak mungkin membahayakan si kucing.

Dikutip dari TopGear, berteduh di kap atau kolong mobil merupakan naluri alamiah kucing mencari tempat yang lebih hangat. Mereka butuh tempat berlindung dan beristirahat.

"Kucing sangat menyukai tempat yang hangat karena temperatur tubuh kucing saat normal lebih tinggi bila dibandingkan manusia," tutur Doctor of Veterinary Medicine The Paws Petshop, Marie Celina Lugti-Mergilla.

Maka tak heran kucing pun suka hinggap di atas kap mobil atau kolong mobil. Bukan untuk kasus yang ekstrim, kucing pun bisa masuk ke dalam kap mesin.

"Kucing liar biasanya masuk ke dalam ruang mesin karena mereka mencari tempat berlindung agar tetap hangat. Mereka melakukan ini untuk menghemat energi saat tidur siang. Mereka juga menyukai ruang mesin, karena gelap dan mereka bisa tidur dengan tenang," ujarnya.

Kebiasaan ini juga semakin besar dilakukan kucing saat memasuki musim hujan. Sebab itu, pemilik mobil dibiasakan untuk melihat sekeliling mobil, mengecek pelek, kolong, hingga di balik kap mobil.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, Nissan sendiri pernah mengkampanyekan agar pemilik mobil selalu ingat mengetuk kap mobil sebelum melakukan perjalanan.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Inilah 'Ibu' Puluhan Kucing Telantar di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com