Senin, 24 Jun 2019 10:28 WIB

Jangan Iri, Begini Tertibnya Lalu Lintas di Negara Tetangga

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Kuching - Budaya berlalu lintas bisa jadi tolok ukur maju tidaknya suatu peradaban negara. Jika kondisi lalu lintasnya masih carut marut, dengan pelanggaran di sana-sini, maka bisa disimpulkan negara itu masih tahap berkembang. Sementara jika lalu lintasnya sudah tertib, maka boleh dikatakan negara itu kategori maju.

Tapi apakah anggapan tersebut selalu benar? Sepertinya tidak selalu demikian. Sebab masih bisa ditemui kondisi berlalu lintas yang lumayan tertib di negara-negara berkembang.

Jangan Iri, Begini Tertibnya Lalu Lintas di Negara TetanggaFoto: Luthfi Anshori


Contohnya ada di Kota Kuching, Sarawak, Malaysia. Di kota dengan populasi warga mencapai 570 ribu ini kondisi lalu lintasnya bisa dikatakan menjadi salah satu yang teratur di Asia Tenggara.



Dalam pantauan detikcom selama dua hari menjelajah jalanan Kuching pada event Terios 7 Wonders, perilaku pengendara di kota ini terlihat cukup tertib. Mobil-mobil selalu berhenti tepat di belakang marka saat lampu traffic berubah merah.

Jangan Iri, Begini Tertibnya Lalu Lintas di Negara TetanggaFoto: Luthfi Anshori


"Pengemudi di sini biasanya juga selalu menunggu lalu lintas dari arah belakang kosong, saat mereka hendak belok ke arah kiri langsung," cerita Danu Enggal Prasetyo, tenaga pengemudi Terios 7 Wonders.

Tertib dalam mematuhi rambu lalu lintas juga diikuti dengan cara berkendara yang baik. Artinya, kendaraan dipacu dengan kecepatan aman dan tidak dikendalikan secara arogan.



Sebagian besar ruas jalanan di Kuching sendiri memang dipenuhi oleh kendaraan city car dan SUV atau double cabin. Ada pula beberapa sedan mewah yang seliweran. Sementara untuk pengendara motor, jumlahnya bisa dihitung jari.

Bicara rambu-rambu, beberapa perangkat peringatan keselamatan yang ada di ruas jalanan Kuching juga cukup melindungi para pengguna jalan. Salah satu rambu-rambu yang cukup penting adalah adanya garis kejut berwarna kuning di setiap ruas jalan yang terdapat persimpangan.

Jangan Iri, Begini Tertibnya Lalu Lintas di Negara TetanggaFoto: Luthfi Anshori


Ada yang menarik dari rambu-rambu garis kejut yang ada di Kuching, Malaysia. Sebab selain diberi warna yang jelas, garis kejut di Malaysia konsisten ditempatkan di setiap persimpangan. Desain garis kejut dibuat setipis mungkin, namun dengan desain yang lebih panjang, sehingga pengemudi tetap bisa waspada tanpa harus takut ada guncangan dari efek garis kejut yang tebal.

Meski secara umum kondisi lalu lintas di Kuching bisa dikatakan cukup tertib, tetap saja ada banyak kekurangan di kota yang punya ikon hewan kucing ini. Misalnya mobil yang banyak terparkir di tepi jalan umum, bahkan hingga trotoar. Yang kayak gini jangan ditiru ya, detikers! (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com