Laporan dari Kuala Lumpur

Orang Malaysia Terobos Macet Tanpa Klakson Bising

Ruly Kurniawan - detikOto
Minggu, 14 Apr 2019 08:10 WIB
Mobil di Malaysia. Foto: Ruly Kurniawan
Kuala Lumpur - Klakson jadi andalan orang Indonesia untuk nyalip atau mencapai tujuan dengan sedikit lebih cepat. Klakson juga biasa digunakan untuk mengingatkan ke sekitar bahwa ada kendaraan yang melaju. Namun fitur itu sungguh berbeda bila berkendara di Malaysia.

Di negeri jiran tersebut, klakson hanya digunakan untuk sesuatu yang mendesak saja seperti mengantar orang penting atau terjadi kecelakaan. Untuk menyalip, biasanya menggunakan lampu saja.



"Saya pernah ke Indonesia, tepatnya Medan dan Jakarta. Di sana crowded sekali kendaraan, berbeda dengan di sini. Klakson juga terus-terusan berbunyi," ucap Amir kepada wartawan detikcom Ruly Kurniawan di sela-sela perhelatan International Automodified (IAM) Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (13/4/2019).

"Kita biasanya pakai lampu saja kalau memang ingin menyalip. Jadi jalanan tidak bising," lanjut pria asli Malaysia tersebut.



Memang, hal tersebut didukung oleh tidak terlalu padatnya kendaraan di jalan. Tapi sekalipun macet, klakson tetap jadi pilihan terakhir untuk digunakan.

"Kalau macet ya pengendara mobil dan motor memang ekstrem nyalip-nyalip. Tapi tidak gunakan klakson. Jarang sekali yang membunyikan klakson. Lagi pula sudah ada rambu jalan yang mengatur supaya tertib," ucap Amir lagi. (ruk/rgr)