Pakai Mobil Yaris Rp 20 Jutaan, Dua Pria Keliling Inggris-Jepang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 31 Agu 2018 13:34 WIB
Dan Handley dan Dave Brooks dengan Yaris berumur 16 tahun berkeliling Eropa-Asia (Foto: Toyota)
London - Kalau disuruh nyetir sejauh hampir 20.000 km keliling puluhan negara, orang mungkin memilih mobil-mobil SUV yang besar seperti Land Cruiser, RAV4, atau Fortuner. Namun dua pria ini malah memilih mobil yang mini, Yaris.

Mobil itu pun bukan mobil keluaran baru tapi Yaris model pertama yang dirilis 16 tahun lalu. Dan Handley dan Dave Brooks saat ini tengah dalam perjalanan dari Chatteris, Inggris menuju Tokyo, Jepang.

Keduanya berangkat dari Chatteris sejak tanggal 12 Agustus lalu, dan melihat live tracking di situs perjalanan mereka, keduanya saat ini tengah berada di Nukus, Uzbekistan.



Mereka memilih Yaris generasi pertama itu karena mobil gampang diperbaiki kalau tengah rewel di perjalanan. Mobil Yaris itu menurut situs Toyota Inggris, dibeli dengan harga yang super murah, 1.000 poundsterling atau seharga Rp 20 jutaan.

Mobil dibeli dengan uang donasi dari diler lokal Toyota di Chatteris, Steven Eagell Toyota. Mobil dimodifikasi agar bisa mengarungi perjalanan yang berat dan menjadi rumah yang nyaman selama perjalanan.



Mereka akan menghabiskan malam hari di mobil, memasak makanan dengan kompor kecil. Namun sesekali mereka akan menginap di penginapan. Begitu sampai di Jepang yang diperkirakan pada 5 Oktober, mereka akan menghabiskan waktu selama sepekan di sana kemudian langsung kembali ke rumah mereka di Inggris naik pesawat, mobil akan dikirim melalui kapal.

Aksi ini juga mereka lakukan demi amal. Setiap donasi yang diberikan selama perjalanan akan digunakan untuk membantu anak-anak disabilitas dan remaja di Inggris. (ddn/ddn)