Rabu, 18 Feb 2015 11:29 WIB

Laporan dari Finlandia

'Banyak Ilmu yang Didapat Saat Nyetir Mobil Super di Salju'

- detikOto
Levi -

Banyak hal yang bisa dipetik oleh 20 orang Indonesia ketika diberikan kesempatan oleh PT Pertamina Lubricants untuk mengendarai supercar di atas lintasan salju dan es di Levi, Finlandia. Karena, bukan sekedar kebut-kebutan, tapi banyak hal yang diambil dan bisa diaplikasikan ketika berkendara sehari-hari.

Brand Ambassador PT Pertamina Lubricants sekaligus Pereli Indonesia, Rifat Sungkar mengaku, pengalaman mengendarai supercar di atas salju memang tidak bisa ditemukan di Indonesia karena tidak ada, tapi pengalaman ini adalah pengalaman yang sangat berharga karena saat kita akan menghadapi keadaan yang cukup ekstrim kita jadi punya ilmu.

"Kita bukan hanya punya teori tapi kita punya prakteknya," tegas Rifat kepada reporter detikOto, Aditya Maulana yang juga ikut mengendarai supercar di lintasan salju dan es di Levi, Finlandia.

Menurut suami dari pemain sinetron Sissy Priscillia ini, dalam kegiatan mengemudikan supercar di atas salju ini punya celah untuk bisa melakukan kesalahan karena kanan-kirinya adalah salju yang sangat empuk.

Ketika melakukan praktek mobil sedikit melintir dan menabrak salju di kanan-kirinya akan dimaafkan.

"Tapi diharapkan ketika kita menghadapi suatu kenyataan, kita sudah tahu apa yang harus kita kerjakan," kata Rifat.

Lanjut Rifat, untuk masalah jalan aspal, salju atau apapun itu, semua ilmu yang dimiliki dan diambil setelah mengendarai supercar di atas salju bisa diaplikasikan di keadaan harian.

"Kalau salju itu sangat licin, kalau hujan itu setengah licin, jadi kita bisa aplikasikan ini kalau dalam keadaan hujan. Untuk saya pribadi berguna banget karena suatu hari nanti mungkin akan mengemudikan mobil rally di atas es, kompetisi di atas es. Jadi hari ini banyak ilmu yang kita dapat," pungkasnya.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com